oleh

Musrenbang Kecamatan Toapaya Kabupaten Bintan Usulkan Pembangunan Infrastruktur

Bintan (KEPRI)-Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Toapaya, Kabupaten Bintan Provinsi Kepri, resmi digelar di Kantor Kecamatan Toapaya, Selasa (2/2/2021).

Dalam kegiatan Musrenbang tersebut tampak hadir dari jajaran anggota DPRD Bintan Partai PDIP Siti Mariani, Partai NasDem Suhardi, Plt.Camat Toapaya Nepy Purwanto, Bappeda Dony Hadipriatna, Kapolsek Gunung Kijang AKP Monang P Silalahi, Danramil 02/Bintim Kapten Inf Aswandi.

Plt.Camat Toapaya Nepy Purwanto, menyampaikan, musrenbang Kecamatan ini bertujuan untuk mendorong pemerintah setempat untuk terus memacu pembangunan infrastruktur dan pemulihan ekonomi. Pasalnya hingga sekarang masih mendominasi dalam usulan yang disampaikan melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Toapaya,” ucap Nepy Purwanto kepada awak media SEPUTARKEPRI.CO.ID.

Seperti yang dicontohkan DPRD Bintan yang juga turut memimpin musyawarah kali ini yaitu hasil pelaksanaan musrenbang di Kecamatan Toapaya usulan pembangunan infrastruktur masih sangat mendominasi.

“Usulan masyarakat melalui musrenbang tersebut, yakni berupa fisik seperti pembangunan jalan, drainase serta peningkatan infrastruktur, dikatakan
selain usulan dalam musrenbang di wilayah tersebut lebih menitikberatkan pada perhatian infrastruktur,” ujarnya.

Namun usulan lain juga tetap diharapkan, terutama hal-hal yang berkaitan dengan infrastrutkur sebagai upaya meminimalisir bencana, seperti pasca banjir bulan yang lalu.

Selain itu ada beberapa usulan yang lainnya terkait kesiapan menghadapi bencana-bencana alam lainnya hanya saja yang perlu diketahui masyarakat,

Usulan tidak langsung dikerjakan melainkan pada tahun 2021, karena sekarang ini pemerintah akan mengerjakan usulan musrenbang tahun sebelumnya.

Membahas dan menyepakati hasil-hasil Musrenbang yang akan menjadi prioritas kegiatan pembangunan di wilayah Kecamatan yang bersangkutan.

Membahas dan menetapkan prioritas kegiatan pembangunan di tingkat Kecamatan serta melakukan klasifikasi atas prioritas kegiatan pembanguan Kecamatan sesuai dengan urusan-urusan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten bintan.

Pemaparan mengenai prioritas masalah di wilayah kecamatan dan prioritas kegiatan dari masing–masing desa,

Menurut urusan OPD oleh Tim Penyelenggara Musrenbang yang kemudian disusun menjadi Rancangan Rencana Pembangunan Kecamatan.

Kemudian dilakukan penajaman hasil Musrenbangdes dan Kelurahan, Musrenbang Kecamatan yang akan diusulkan di forum, sinkronisasi prioritas kegiatan dari masing-masing desa dengan prioritas program OPD.

Diharapkan dari Pemerintah terhadap apa yang selama ini diusulkan masyarakat melalui mekanisme musrenbang yang sudah menjadi agenda tahunan tersebut, bisa terlaksana dengan baik dan tidak ada halangan untuk kelancaran pembangunan di daerah setempat,” harapnya.

Sementara dengan adanya usaha pemerintah untuk mempercepat pembangunan di daerah sudah tentu, akan terus didukung oleh anggota legislatif baik dari penganggaran serta hal lainnya. Sebab apapun yang diusulkan bertujuan untuk pembangunan daerah.

Diakhir sambutannya, Nepy Purwanto, menyampaikan, apabila pemerintah sudah membangun apa yang diinginkan masyarakat, maka alangkah baiknya masyarakat bisa menjaga atau memelihara apa yang sudah dibangun oleh pemerintah Kabupaten Bintan,” tutupnya. (Rd)

Editor: Kadeni

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed