oleh

Karyawan Medco E&P Natuna Ltd. Bersama Warga Memberikan Warna Baru di Desa Wisata Belibak

Seputarkepri.co.id, Palmatak (ANAMBAS) – Medco E&P Natuna Ltd. (MEPN), bersama mitra kerjanya Yayasan Umar Kayam, melaksanakan program pengembangan desa wisata berbasis masyarakat di Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), yang dimulai dengan pengecatan Desa Wisata Warna Warni, Kampung Belibak, Kecamatan Palmatak.

Pada tanggal 18 Februari 2018, MEPN telah menandai dimulainya program melalui pengecatan 74 rumah penduduk, satu kantor desa, dua mushala, satu bangunan Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ), satu rumah bidan, serta satu bangunan puskesmas pembantu dalam berbagai warna untuk membuat lingkungan desa menjadi lebih indah dan menarik.

MEPN berkontribusi dalam menyumbang dana pengecatan, di samping kontribusi swadaya masyarakat dan dukungan pemerintah desa. Pengecatan dilakukan bersama-sama oleh warga dan 12 karyawan MEPN, dibantu oleh pasukan LANUDAL dan pemerintah kecamatan.

Kepala Desa Belibak, Marzuki menyatakan dukungannya terhadap program ini. “Saya sangat mendukung program pengembangan desa wisata ini, dan memasukkan biaya pengembangan wisata di Desa Belibak sebagai bagian dari anggaran desa,” ucap Marzuki.

Telah disiapkan juga 4 unit rumah penduduk untuk menjadi hunian wisata (homestay) di mana perbaikan fasilitas berupa toilet duduk, penambahan kasur/springbed, dan seperangkat alat dapur untuk wisatawan merupakan bagian dari pendampingan program Perusahaan.

“Pengelolaan wisata yang baik sangat diperlukan oleh KKA yang memiliki potensi pariwisata yang sangat besar.

MEPN melakukan pendampingan kepada desa wisata di KKA, Desa Belibak dan Desa Mampok, agar memiliki kapasitas dalam pengelolaan desa wisata berbasis masyarakat,” ucap Drajat Panjawi, Senior Manager Relations & Security Medco E&P Natuna Ltd.

Editor: Ringgo