oleh

Tahun 2019, Forum KKS Kabupaten Bintan Targetkan Raih Swastisaba Wistara

Seputarkepri.co.id, Media Centre Bintan – Usai mendapatkan Penghargaan Kabupaten Sehat Tingkat  Nasional Tahun 2017 dengan Kategori Wiwerda (Pembinaan).

Ketua Umum Forum Kabupaten Sehat Kabupaten Bintan Ibu Hj Deby Maryanti, A.Md mengatakan bahwa untuk di tahun 2019 nanti, dirinya kembali menargetkan untuk mendapatkan Penghargaan Kabupaten Sehat Tingkat Nasional dengan Kategori Wistara (pengembangan) bagi Kabupaten Bintan. Hal tersebut dikatakannya saat dihubungi , Jum’at (2/3) pagi.

” Tahun 2017, melalui kerjasama antara Forum Kabupaten Sehat dan Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan , kita berhasil mendapatkan Penghargaan Kabupaten Sehat Tingkat Wiwerda . Tahun 2019 nanti, kita menargetkan akan kembali meraih penghargaan serupa namun dengan tingkatan kategori yang lebih tinggi ” ujarnya.

Dirinya juga berharap agar pemerintah daerah serta masyarakat, dapat secara proaktif melakukan langkah-langkah terkini dimana untuk mendapatkan penghargaan Kabupaten Sehat Tingkat Wiwerda maka sedikitnya 5 hingga 9 tatanan yang harus dipenuhi diantaranya ; kawasan permukiman, sarana dan prasarana umum sehat , kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi , kawasan pertambangan sehat , kawasan hutan sehat , kawasan industri dan perkantoran sehat , kawasan pariwisata sehat , kawasan pangan dan gizi , kehidupan masyarakat sehat yang mandiri dan kehidupan sosial yang sehat.

” 5-9 penilaian tatanan harus dipenuhi guna mendapatkan Penghargaan Kabupaten Sehat Kategori Wistara. Penghargaan ini diberikan 2 tahun sekali, terakhir tahun 2017 kita meraih Penghargaan Kabupaten Sehat Tingkat Wiwerda, tahun 2018 ini , akan dilakukan kunjungan oleh Kemenkes RI untuk penilaian Kabupaten Sehat Tingkat Wistara ” ujarnya.

Selain itu, dirinya berharap agar Forum  Kabupaten Sehat Tingkat Kecamatan melalui Pokja di Desa/Kelurahan dapat secara aktif menggerakkan melalui kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat.

” Ada sekitar 14 kelurahan dan 29 desa yang akan kita libatkan , melalui kegiatan-kegiatan di Pokja Desa/Kelurahan Sehat ”  ujarnya.

Sementara itu, Bupati Bintan H Apri Sujadi, S.Sos mengapresiasi langkah-langkah yang ingin dicapai oleh Forum Kabupaten Sehat. Menurutnya, hal tersebut merupakan suatu sinergisitas yang harus dibangun secara bersama-sama guna mencapai tujuan yang diinginkan.

” Kegiatan-kegiatan di tingkat desa/kelurahan dengan melibatkan masyarakat banyak tentang arti pentingnya kehidupan yang sehat tentunya akan kita dukung ” tutupnya.

Editor: Ringgo

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed