oleh

Pembukaan MTQ VII Kepri 2018 di Lingga Semarak

 

Gubernur Kepri, H. Nurdin Basirun menerima cendera mata dari Pegawai BPMPD Kabupaten Bintan, Pebrayendrik.

Seputarkepri.co.id, TANJUNGPINANG, KEPRI – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) VII Kepulauan Riau yang dilaksanakan di Desa Lanjut, Kecamatan Singkep Pesisir, Kabupaten Lingga. Pembukaan MTQ ke 7 Resmi di buka Gubernur Kepri Selasa 8/5 di Dabo Singkep Kabupaten Lingga. Di hari pertama Gubernur dan Wakil Gubernur beserta Rombongan langsung menaiki Stand Rumah panggung Konsep Bintan masa dahulu.Kabupaten Bintan sendiri memamerkan tentang ke agamaan, souvernir miniature, dan Mesjid Kaligrafi.

Gubernur dan Wakil Gubernur beserta Rombongan terkesima dengan Pameran yang di tampilkan Kab. Bintan. Apa lagi Kabupaten Bintan mempromosikan unggulan Foto 3 dimensi nelayan yang pulang sore hari untuk bersiap melaksanakan ibadah Shalat Magrib. Salah seorang Penjaga Stand mengatan rata – rata pengunjung stand Bintan ini setiap harinya berkisar 200 orang.

Pembukaan MTQ VII Kepri ini tampak semarak dan meriah diawali dengan berbagai kegiatan seperti penyambutan tamu, malam taaruf, pawai taaruf, peresmian bazar MTQ hingga acara puncaknya yakni pembukaan MTQ VII Kepulauan Riau sendiri.

Masyarakat juga tampak antusias menyaksikan malam pembukaan MTQ VII yang diisi dengan berbagai pertunjukan tersebut. Diawali dengan barisan defile kafilah, kemudian penampilan marching band dari pelajar SMP Lingga, seni lukis pasir, juga marching band yang didatangkan dari Kota Batam dan lainnya.

Pembukaan MTQ VII ditandai dengan pemukulan bedug oleh Gubernur Kepri H Nurdin Basirun, Wakil Gubernur Kepri H Isdianto, Anggota DPD RI Nyat Kadir, Sekdaprov Kepri TS Arif Fadillah, Bupati Lingga Alias Wello, Wakil Bupati Lingga M Nizar dan jajaran FKPD.

Dalam Sambutannya Gubernur Nurdin mengatakan jika semarak MTQ VII seperti Hari Raya kedua. Masyarakat tampak menikmati suasananya, tampak para peserta memakai baju baru dan masyarakatpun senang karena nuansa kampung berubah menjadi ramai.

“Semarak MTQ ini seperti lebaran kedua. Iven keagamaan ini selain menjadi media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif, juga secara nyata telah terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan di daerah. Juga sebagai penyejuk dan perekat kebersamaan masyarakat,” kata Gubernur.

Gubernur berharap para qari dan qariah bisa memberikan penampilan terbaiknya di MTQ VII ini. Dan para dewan halim juga harua tegas, jujur aerta adil dalam membuat keputusan. Karena para peserta yang juara di MTQ Kepri nantinya akan mewakili Kepri di ajang MTQ Nasional XXVI di Sumatera Utara, Medan.

“Selamat bertanding dan juniung tinggi sportigitas,” pesannya.

Adapun yang terpenting yang diharapkan oleh Gubernur dari MTQ VII kali ini adalah agar bisa membumikan Alquran di Provinsi Kepulauan Riau , sehingga tiada hari tanpa baca Alquran. Apalagi masyarakat melayu identic dengan islam, oleh karena itu baca alqur’an menjadi kewajiban setiap hari.

Disamping menbaca, juga wajib memahami maknanya, kemudian menerapkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya kedalam kehidupan sehari-hari, sehingga dengan demikian hidup akan aman, tenteram, bahagia dan sejahtera.

“Hindari pertikaian dalam hidup ini, karena alqur’an telah mengajarkanya kepada kita semua, bangun silaturahim diantara sesama, jangan saling hasut menghasut, dan jangan pula saling fitnah-memfitnah , karena hanya dengan cara itu pembengunan di Kepulauan Riau dapat terlangsung dengan baik, aman dan terkendali,” ujar Gubernur.

Gubernur juga berterimakasih kepada segenap kafilah MTQ VII yang berasal dari selurub kabupaten dan kota.

Ketua 1 LPTQ Kepri TS Arif Fadillah dalam laporannya mengatakan sedikitnya 256 qari dan qariah yang akan bertanding di MTQ VII 2018 ini, serta ditambah dengan jumlah peserta pawai taaruf sekitar 1000 orang.

“Terimakasih kepada tuan rumah dan seluruh panitia yang telah bekerja keras mensukseskan acara ini. Begitu juga kepada seluruh masyarakat Libgga, serta saya ucapkan selamat bertanding untuk para peserta,” kata Arif.

Sementara itu Bupati Lingga Alias Wello dalam sambutannya mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menyemarakkan kegiatan MTQ VII ini. Apalagi lokasi astaka yang dibangun, dukunya adalah hutan belantara.

“Pemkab Lingga saat ini sedang giat membangun. Termasuk membangun jalan poros di jalus pesisir. Jika jadi nanti akan mampu memperpendek rentang jalur Dabo – Jagoh, dari 30 KM hanya menjadi 20 KM. Selain itu kita juga mengembangkan pertanian, peternakan, perikanan dan pariwisata. Oleh sebab itu kami memohon perhatian dari pemprov Kepri agar menambah alokasi dana untuk kami, agar Lingga bisa cepat maju dan berkembang.

Pewarta: Barus/Cr

Editor: Ringgo

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed