oleh

1.300 Atlet dari 49 Negara Ikuti Triathlon Bintan

Seputarkepri.co.id, LAGOI, BINTAN – Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan kembali menggelar Event Triathlon 2018 di Area Nirwana Gardens Resort, Kawasan Pariwisata Lagoi, Bintan, Kepri, Sabtu (12/5).

Ajang olahraga kelas dunia yang sudah 14 kali digelar ini memadukan tiga cabang olahraga sekaligus. Mulai dari estape berenang, bersepeda dan berlari mengelilingi Kawasan Pariwisata Lagoi.

Pertandingan ini dibagi dalam lima kategori yaitu Olympic Distance meliputi estape berenang sepanjang 1,5 Kilometer, bersepeda sejauh 40 Kilometer, dan berlari sejauh 10 Kilometer. Kategori Sprint Distance meliputi berenang sepanjang 750 meter, bersepeda sejauh 20 kilometer dan berlari sejauh lima kilometer.

Berikutnya, Youth Distance meliputi berenang sepanjang 300 meter, bersepeda sejauh 12 kilometer dan berlari sejauh lima kilometer dan Kids Distance meliputi berenang sepanjang 150 meter, bersepeda sejauh enam kilometer dan berlari sejauh 1,5 kilometer.

Sedangkan Fun Duo Race Challange mencakup berenang sepanjang 150 meter dan berlari sejauh 1,5 kilometer sampai finish. Kategori ini merupakan cabang yang difavoritkan oleh peserta yang berkeluarga.

” Tahun ini kita mencatat rekor dengan jumlah peserta diikuti sekitar 1.300 peserta dari 49 negara. Mereka akan mengikuti berbagai lomba dari12-13 Mei 2018 ” ujar Bupati Bintan H Apri Sujadi, S.Sos usai melepas peserta.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan Luki Zaiman Prawira menuturkan bahwa dari 1.300 atlet asal 48 negara yang berpartisipasi dalam debut olahraga estape berenang, bersepeda dan berlari itu, akan diikuti oleh atlet ternama yaitu juara bertahan Triathlon Bintan 2017 asal Jerman, Jennifer Zenker.

Duta triatlet profesional kelas dunia juga dijadwalkan akan ambil bagian. Diantaranya Kate Bevilaqua dan Guy Crawford. Kate ini memiliki tiga gelar Ironman dunia dan dia juga memenangkan Ironman Bintan pada tahun 2016 lalu.

Kemudian juga menghadirkan 18 persen first timer seperti  Kosaku Miyazawa yang merupakan peserta dari Jepang. Dia sedang melakukan lomba jarak olimpiade pertama dan menggunakan kesempatan di Triathlon Bintan ini sebagai batu loncatan untuk mengikuti Ironman 70,3 Bintan yang digelar pada Agustus mendatang.

” Untuk atlet profesional dari Indonesia yang bergabung yakni Andy Wibowo. Pria berusia 38 tahun ini akan kembali ambil bagian setelah kemenangannya di 2015 dan 2016. Lalu juga diikuti oleh Ambasador Ironman 70.3 Bintan yaitu Inge Prasetyo. Wanita kelahiran 6 Juni 1980 itu akan berikan perlawanan sengit kepada rival-rivalnya. Begitu juga dengan Eva Desiana ” tutupnya. (humasbintan/red)

Pewarta: Baringin Situmorang

Editor: Ringgo

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed