oleh

Kepri Akan Kembangkan Ekonomi Maritim dan Wisata Batam

Gubernur Kepri, H. Nurdin Basirun (Kanan) bersalaman dengan Menko Maritim, Luhut Binsar Panjaitan di Kantor Kementerian Kordinator Kemaritiman usai rapat bersama.

Seputarkepri.co.id, TANJUNGPINANG, KEPRI – Gubernur H Nurdin Basirun menegaskan potensi kemaritiman di Kepri harus benar-benar dimanfaatkan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. Potensi ini harus dikembangkan untuk kemajuan Kepri.

“Banyak yang bisa dikembangkan, seperti perikanan budidaya, perikanan tangkap, industri pengolahan ikan, pertambangan dan energi, jasa kelautan dan yang terpenting wisata bahari. Bisa juga pembangunan Kota Air di berbagai daerah,” kata Nurdin usai menghadiri pertemuan di Kementerian Koordinator Kemaritiman, Jakarta, Jumat (25/5).

Rapat ini langsung dipimpin Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan. Hadir pada kesempatan itu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Kapolda Kepri Irjen Pol Didid Widjanardi serta Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo. Sejumlah Dirjen dari Kementeria Pariwisata, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutahan juga hadir.

Nurdin kembali ke Jakarta, Jumat pagi untuk menghadiri pembahasan ini setelah sebelumnya bertemu Seskab Pramono Anung, Kamis (24/5) lalu. Dalam dua hari ini, Nurdin memenuhi panggilan Jakarta untuk mendiskusikan penumbuhan ekonomi Kepri.

Menurut Nurdin, Luhut sangat mendukung program pengembangan kawasan kemaritiman di Kepri. Dukungan penuh memang diharapkan Nurdin bagi meningkatkan perekonomian Kepri.

Nurdin memang menginginkan laut Kepri menjadi pusat pembangunan ekonomi. Karena itu, infrastruktur laut terus dibangun. Baik pembangunan dari APBD maupun pihak swasta dan BUMN.

“Ekonomi berbasis kelautan harus kita maksimalkan. Apalagi Kepri 86 persen wilayahnya laut,” kata Nurdin.

Pengembangan wisata bahari juga menjadi bagian yang dibahas dalam pertemuan itu. Cruise terminal, misalnya harus dibangun di berbagai titik strategis.

Karena, kata Nurdin, banyak wisatawan yang menikmati liburan dengan yatch atau fasilitas laut lainnya. Batam dan Bintan dilihat Nurdin perlu semakin mengembangkan cruise terminal ini.

Laman bermain Kepri untuk wisata bahari, kata Nurdin sangat luas. Karena itu dia berharap dukungan banyak pihak agar pengembangan potensi bahari semakin cepat terwujud. (humaskepri)

Pewarta: Krisna NR

Editor: 7ringgo

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed