oleh

Harga Kopra Anjlok, Petani Anambas Kecewa

Kopra kering saat dimuat di pelabuhan Tarempa

SEPUTARKEPRI.CO.ID, TAREMPA, ANAMBAS – Para petani kopra di Kabupaten Kepulauan Anambas mengeluh. Pasalnya saat harga kopra mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Jika biasanya harga kopra mencapai Rp. 5.000 per kilogram. Kini harga kopra hanya sekitar Rp. 3.000 perkilogram. Bahkan sejak awal tahun lalu turun sampai saat ini,” ungkap Udin seorang petani pengrajin kopra, Senin (16/7).

Menurutnya awal tahun-tahun lalu harga kopra ada peningkatan kisaran Rp. 7.000 perkilogram. Dan turun lagi harga Rp. 5.000¬† sekarang hanya Rp. 3.000 perkilogram juga, saya tidak tau kedepannya nasib kami petani kopra ini,” ujarnya.

Saat bersamaan, Jupri petani kopra juga menjelaskan saat ini harga kelapa untuk berkualitas mencapai Rp 3.500 dan untuk kelapa biasa mencapai Rp. 2.000 perbuah dipasar.

Padahal untuk menghasilkan kopra per kilogramnya membutuhkan kelapa minimal 2 buah,” pungkasnya.

Lebih lanjut, Jupri menyampaikan kalau untuk kopra kering itu banyak sekali tahapannya bang dari panen, mengupas, membelah, menyalai (pengasapan), mencongkel dan mencincang, tidak sesuai dengan harga yang di terima bang,” ungkapnya.

Dengan perbandingan harga seperti ini, kita lebih baik menjual kelapa utuh ke pasaran,” tutupnya.

Laporan: Kadeni

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed