oleh

SATGAS TMMD KE-102 NATUNA MENGIKUTI PEMBEKALAN WAWASAN KEBANGSAAN

SEPUTARKEPRI.CO.ID, NATUNA – Pasiter Kodim 0318/Natuna Kapten Inf Bambang buka kegiatan wawasan kebangsaan dalam rangkaian TNI Manunggal Membangun Desa ke-102 yang sedang berjalan di Desa Sabang Mawang Kecamatan Pulau Tiga Natuna, Sabtu (21/7).

Dihadapan 106 0rang peserta yang mengikuti pembekalan wawasan kebangsaan, sebagai narasumber, Kabid kesbangpol Natuna Bapak Kardiman. SE., menjelaskan tentang sikap sebagai generasi penerus bangsa yg harus memiliki semangat kebangsaan, jiwa nasionalisme yang baik serta memiliki karakter pancasila pada dirinya masing-masing,” jelas Kardiman.

“Indonesia yang terdiri dari bermacam-macam suku bangsa, sejak jaman dahulu dan banyak bahasa serta keragaman lainnya termasuk agama.

Sejak jaman dulu menjadi incaran bangsa lain karena Indonesia terletak di garis katulistiwa yang mempunyai dua cuaca dalam satu tahun yaitu musim penghujan dan musim kemarau, sehingga tanah nya sangat cocok untuk pertanian dengan berbagai tumbuhan dan tanaman persawahan, serta perkebunan dan juga hasil bumi yang melimpah,” ucap Kardiman.

Pilar-pilar kebangsaan adalah sebagai tiang penyangga yang berisi konsep dan nilai-nilai yang dianut oleh rakyat, negara, bangsa yang bersangkutan dan diyakini mempunyai kekuatan untuk di pergunakan sebagian landasan dalam hidup bermasyarakat berbangsa dan ber negara.

Tantangan yang harus di hadapi saat ini adalah pengaruh globalisasi, konflik sosial, pergaulan bebas dan narkoba. Pilar-pilar,kebangsaan antara lain adalah Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika harus dipahami oleh penyelenggara negara bersama seluruh masyarakat sebagai panduan untuk kehidupan berpolitik pemerintahan, menegakkan hukum, mengatur perekonomian, interaksi sosial kemasyarakatan dan lain-lain,” tutup Kabid kesbangpol Natuna Bapak Kardiman, S.E. (Penrem033/WP)

Pewarta: Lamtiar