oleh

Dahlan Iskan: Membangun Tanjungpinang Harus Fokus

Dahlan Iskan (kanan) bersama Humas Pemko Tanjungpinang, Elvi Arianti (kiri)

SEPUTARKEPRI.CO.ID, TANJUNGPINANG Untuk membangun Tanjungpinang harus fokus pada satu bidang dan dimulai dari hal kecil untuk melangkah, jangan bermimpi terlalu besar tapi tidak berbuat. Hal tersebut disampaikan oleh Mantan Menteri BUMN Prof. DR (H.C) Dahlan Iskan pada acara Coffee Morning Pemerintah Kota Tanjungpinang bersama Stakeholder Perekonomian yang mengupas tentang arah strategi pembangunan perekonomian jangka menengah Kota Tanjungpinang (2018-2023) di Aula Kantor Walikota Tanjungpinang, Senin (6/8).

Kegiatan yang diprakarsai oleh Bapelitbang Kota Tanjungpinang ini dihadiri Rahma selaku wakil walikota terpilih, disamping itu BUMN, pelaku usaha dan kepala OPD diikuti antusias oleh yang hadir.

Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Drs. Riono, M.Si mengatakan dalam sambutannya membangun Tanjungpinang ini perlu inovasi dan terobosan. “Membangun bukan sekedar infrastrukturnya saja, akan tetapi perlu inovasi yang terbaru untuk membuat Tanjungpinang ini menjadi kota yang unik. Terobosan-terobosan yang telah dilakukan menjadi stimulasi untuk menjadikan pembangunan di Kota Tanjungpinang ini lebih bervariasi.” Ungkapnya.

Selain Dahlan Iskan, dalam coffee morning ini menghadirkan juga ketua tim pembuat roadmap arah dan strategi pembangunan pererkonomian kota Tanjungpinan berasal dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta yakni DR. Murti Lestari, M.Si. Ia menyampaikan bahwa banyak potensi yang dapat dikembangkan di Tanjungpinang dan punya nilai jual  “Salah satunya adalah kuliner yang perlu dibuat kemasan yang menarik sehingga memiliki nilai jual dan daya beli dengan brand yang menarik,” Jelasnya.

Begitu juga dengan sektor pariwisata yang ada, haruslah ditopang oleh industri yang mendukung pariwisata. Murti jga  menyarankan vihara patung seribu yang banyak diminati turis mancanegara perlu adanya penjelasan  terkait patung atau objek yang dilihat dengan menggunakan Bahasa Indonesia. “Jika itu semua dilakukan, maka pengunjung dapat menyerap nilai luhur yang terkandung di dalamnya dan kita tidak asing di negeri sendiri.” Saran Murti.

Di sisi lain, Dahlan Iskan memgatakan untuk maju kita perlu mengetahui apa yang dibutuhkan masyarakat Kota Tanjungpinang yaitu anak pintar, rasa  aman, dan lingkungan sehat. “Untuk menjadikan anak pintar perlu pendidikan, jadikan sekolah bermutu yang memiliki standar mutu  tersendiri. Lombakan sekolah tersebut apabila memenuhi standar, beri hadiah wifee gratis sehinggamenjadi kota berteknologi mereka akan maju,” Jelasnya.

Dahlan juga menambahkan, lingkungan juga menjadi faktor pendorong untuk membangun sebuah kota yang karakteristiknya seperti Kota Tanjungpinang. “Agar sehat, ciptakan lingkungan yang sehat juga. Lingkungan yang sehat itu harus bersih, rindang, dan  indah. Semua itu dimulai dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat luas. Lakukan pengawasan. “Saya melihat di jalan Batu Hitam sekitar Lantamal dapat dikembangkan untuk wilayah rindang, nyaman, dan indah. Kondisi ini dapat diterapkan pada ruas jalan lainnya di wilayah Kota Tanjungpinang. Bila sudah rindang dan bersih itu sudah pasti indah”, Tuturnya.

Dahlan juga menyampaikan sebuah kota yang baik itu adalah tidak macet, tidak banjir dan tidak ada lagi jalan berlubang. “Dari hal tersebut, Kota Tanjungpinang sudah digolongkan baik. Ketiga hal tersebut minim sekali  ditemukan. Selain itu juga, untuk menjadikan Tanjungpinang lebih baik, perlu dibuat kota baru seperti di kawasan Senggarang yang dimulai dari jembatan gugus sampai ke kantor walikota.” Saya harap ini tidak dirusak dan dijaga,  kota baru dikembangkan, setelah itu baru kota lama ditata kembali,”Pungkasnya.

Mantan Menteri BUMN ini juga memfokuskan 3 objek wisata yang dapat dikembangkan seperti Pulau Penyengat, Gedung Gonggong dan Vihara. “Kalau ke Penyengat, menggunakan perahu atau pompong disuguhkan dengan corak menarik dan unik sehingga pengunjung merasa senang dan tertarik. Gedung Gonggong bisa dijadikan water front city dengan berbagai fasilitas yang sederhana dan menarik. Serta Vihara yang memiliki nilai historis, perlu ditata kembali agar memiliki nilai jual. Objek wisata yang dikembangkan harus memiliki nilai yang berkesan bagi pengunjung,” Ujarnya.

Dahlan Iskan juga menyampaikan sinergitas antara pemerintah, pengusaha dan pelaku UMKM terus dibangun sehingga secara bersama-sama dapat membangun Kota Tanjungpinang lebih baik lagi. “Pengusaha dan UMKM jangan terus-terusan mengeluh kepada pemerintah karena tidak memberikan pembinaan dan bantuan, justru pengusaha dan UMKM harus mengembangkan diri dan menangkap peluang. Pemerintah memiliki anggaran yang terbatas dan dibatasi oleh aturan yang harus dipatuhi. Semoga di Tanjungpinang dapat terbangun sinergitas antara pemerintah dan pengusaha untuk membangun Tanjungpinang yang cemerlang.” Tutupnya

Kepala Bappelitbang Kota Tanjungpinang menagatakan melalui dialog ini dapat dijadikan masukan guna menentukan arah dan kebijakan Tanjungpinang ke depannya dan akan dimasukkan dalam roadmap pembangunan perekonomian Tanjungpinang 2018-2023. “Untuk itu diperlukan komitmen bersama dalam membangun Kota Tanjungpinang,” ujar Surjadi. (Humas)

Pewarta: Krisna