oleh

Kantor BAWASLU Kepri Diresmikan, Wagub: Jadilah Menjadi Sahabat Masyarakat

Ketua Bawaslu RI Abnan (empat dari kanan), Wagub Kepri Isdianto (lima dari kiri), Ketua Bawaslu Kepri M. Sjahri Papene (dua dari kanan)

SEPUTARKEPRI.CO.ID, TANJUNGPINANG, KEPRI – Kantor Bawaslu Kepri diresmikan oleh Ketua Bawaslu RI, Abnan turut menghadiri anggota Bawaslu RI, Fritz Edward Siregar, Sekjen Bawaslu RI, Gunawan Suswantoro, Wagub Kepri, H. Isdianto, Ketua Bawaslu Kepri, Sekda Kepri mewakili, Kapolda Kepri mewakili, Kajati mewakili, Ketua KPU Kepri, Sriwati, Kepala Kesbagpol Kepri, Lamidi, Satpol PP Kepri mewakili, Ketua LAM Kepri, MUI Kepri, Kwarda Pramuka Kepri, Pj. Wali Kota Tanjungpinang, Kapolres Tanjungpinang, AKBP Ucok Lasdin Silalahi, Universitas Putra Batam, IAIN Kepri.

Ketua BAWASLU RI Abnan mengatakan mudah-mudahan peresmian kantor baru ini bisa menjadi spirit baru Bawaslu Kepri, kebersamaan jajaran bawaslu kepri  yang beranggotakan lima orang, bisa mengawasi tahapan pemilu. Bahwa keberhasilan didalam pilkada yang lalu untuk pemilu 2019 bisa berjalan baik,” ucap Abnan.

“Pemilu bukan menjadi perpecahan tetapi lebih menyatukan bangsa Indonesia, tiga komponen berjalannya sukses pemilu yakni penyelenggara, integritas harga mati, peserta pemilu yaitu partai politik. Harapan kami peserta pemilu punya  integrias juga,  taat kepada regulasi, taat kepada aturan. Yang terakhir masyarakat, yang mempunyai otoritas tunggal dan tinggi.

Ia berharap jadilah masyarakat yang pemilu cerdas. Pemilu bisa berjalan baik damai dan  bisa membawa kemajuan bangsa ini, ia berpesan kepada Bawaslu Kepri untuk menyiapkan, mengawasi, menegakkan pemilu,” ujarnya.

Senada dengan itu, Gunawan suswantoro selaku sekjen Bawaslu RI mengatakan  hadirnya Bawaslu Kepri beberapa tahun yang lalu masih sangat memperhatikan ini adalah evolusi sebuh kantor, mudah-mudahan bisa kita nikmati untuk kepentingan Bangsa,” kata Gunawan.

Ia menghimbau, jadikan Kantor Bawaslu Kepri juga menjadi rumah sosiologi, rumah stakeholder untuk mengawasi pemilu, pemprov Kepri akan menyiapkan lahan kantor Bawaslu Kepri,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Fritz Edward Siregar selaku anggota Bawaslu RI, mengatakan kita harapkan kedepan ada kantor untuk permanen, bawaslu dalam transisi sebagai lembaga peradilan pemilu. mudah-mudahan pengawasan dikepri jauh lebih baik, dan bisa menjadi salah satu bawaslu yang terbaik kedepan,” terang Fritz.

Sementata itu, Ketua Bawaslu Kepri, Muhammad Sjahri Papene mengatakan momen penting adalah kekuatan tambahan dengan dau komisioner yang baru, keberkahan selanjutnya memasuki kantor yang baru. Semangat untuk momentum untuk semangat mengawas pemilu.

“Bawaslu Kepri, fasilitasnya mulai dari ruangan yang disedikan, Media centre, Gakumdu, Ruang sidang , pojok. Kepada masyarakat,  ormas kepemudaan, tokoh masyarakat, mari bergandenagn tangan bahu membahu untuk mengawasi pemilu, terima kasih kepada Polda Kepri, Polres Tanjungpinang atas komitmen, berjalannya pemilihan kepala daerah sudah berjalan lancar. Tahapan pemilu sudah dimulai dan sekarang proses,” terang Ketua Bawaslu.

Di sela-sela acara tersebut, Wagub Kepri H. Isdianto menyampaikan kami pemprov kepri apresiasai yang setinggi tinginya kepada Bawaslu Kepri yang berupaya maksimal, sehingga saat ini ada kantor yang luar biasa, dulunya kantor Bawaslu Kepri hanya satu ruko yang sekarang empat ruko, kita baru selesai pesta demokrasi alhamdulillah,  aman. Waktu pelaksanan pemilukada Tanjungpinang, seluruh stakeholder mengadakan sweeping untuk meninjau proses jalannya pemilukada,” ucap Wagub.

“Petanda baik bagi provinsi kepri, kerja sama penegak keamanan antara bawaslu dengan masyarakat cukup baik. Padahal hampir merata kondisi perekonomian kita setiap tahunnya mengalami devisit, nanti kita akan berikan lahan kepada Bawaslu.

Ia berharap kepada BAWASLU  Kepri, Jadi lah bawaslu menjadi sahabat masyarakat, bukan menjadi masyarakat takut. Bagi daerah kabupaten dan kota disosialisasikan dengan benar sesuai tugas dan tupoksi masing-masing. Kedepan, tentunya kita yang terbaik dan saling bersinergi antara penegak hukum, masyarakat dengan bawaslu untuk menjaga kampung kite ini.

Acara ini disejalankan penandatanganan kerja sama dengan Universitas Putra Batam, Kwarda Kepri, IAIN dalam hal pengawasan partisipatif Pemilu.

Editor: 7ringgo