oleh

Wabup Natuna Hadiri Rakor Tindak Lanjut Roadmap Rencana Nominasi Geopark

Wakil Bupati Natuna, Dra. Hj. Ngesti Yuni Suprapti, MA (dua dari kiri)

SEPUTARKEPRI.CO.ID, NATUNA, KEPRI – Wakil Bupati Natuna, Dra. Hj. Ngesti Yuni Suprapti, MA didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Perwakilan Dinas PUPR dan BAPPEDA menghadiri undangan Rapat Koordinasi Tindak Lanjut Roadmap Rencana Nominasi Geopark Natuna sebagai Geopark Nasional dan Global Geopark Network (GGN) – UNESCO yang diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri RI di Ruang Rapat – Kantin Diplomasi (Lt.2) Kementrian Luar Negeri Jl.Taman Pejambon No.6 Jakarta Pusat, Rabu (8/8) lalu.

Rapat kali ini adalah untuk menindaklanjuti hasil kunjungan Forum Kajian Kebijakan Luar Negeri(FKKLN) ke Kabupaten Natuna dan kunjungan Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan (BPPK) Kementrian luar negeri di Batam terkait dengan rencana pengembangan kawasan Geosite Pulau Natuna menjadi Geopark Nasional dan Geopark UNESCO.

Pada rapat tersebut pihak Kementerian Luar Negeri (KEMENLU) RI menyampaikan bahwa, sebelumnya KEMENLU RI bersama dengan Badan Geologi Nasional – Kementrian ESDM telah mengadakan rapat terbatas dengan perwakilan dari Kementrian Koordinasi Bidang Maritim dan beberapa tenaga ahli Geopark dari kalangan akademisi serta perwakilan dari Pemerintah Kabupaten Natuna di Bandung dalam rangka menyusun Roadmap Rencana Nominasi Geopark Natuna sebagai Geopark NasionalĀ  dan Global Geopark Network (GGN) UNESCO.

Lebih lanjut disampaikannya, terkait dengan proses nominasi terdapat beberapa proses dalam roadmap yang perlu mendapat perhatian dan dukungan serta kerja sama dari Kementerian Lembaga (K/L), Pemerintah Propinsi dan Pemda terkait, serta partisipasi dari kalangan perusahaan (Business Community) dalam mendukung suksesnya pencanangan nominasi Geopark Natuna tersebut.

Hal ini penting mengingat upaya pencanangan Nominasi geopark tersebut selain ditujukan untuk pengembangan pembangunan di wilayah Kepulauan Natuna juga secara Geopolitik ditujukan untuk memperkuat kedaulatan wilayah Kepulauan Natuna danĀ  kedaulatan wilayah perairan maritim Indonesia di kawasan pulau-pulau terluar.

Pada Kesempatan tersebut Ngesti mengucapkan terimakasih kepada pihak KEMENLU RI, Tim FKKLN, Badan pengkajian dan pengembangan kebijakanĀ  (BPPK) dan Badan Geologi Nasional Kementrian ESDM serta pihak-pihak yg telah terlibat dalam Rencana pengembangan kawasan Geosite Pulau Natuna menjadi Geopark Nasional dan Geopark UNESCO serta berharap rencana pengembangan kawasan Geosite Pulau Natuna menjadi Geopark Nasional dan Geopark UNESCO dapat segera terwujud. (Humas)

Pewarta: Tiar

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed