oleh

Wali Kota Tanjungpinang Buka Festival Moon Cake

Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd

SEPUTARKEPRI.CO.ID,TANJUNGPINANG – Festival Moon Cake (Kue Bulan) merupakan sebuah tradisi masyarakat Tionghoa dari sejak zaman dahulu, yang selalu dirayakan pada tanggal ke 5 bulan delapan kalender Tionghoa. Festival moon cake yang di selenggarakan di Jalan Merdeka Kota Tanjungpinang ini di buka secara resmi oleh Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd, Sabtu (22/09).

Dalam sambutannya, Syahrul mengharapkan masyarakat Tanjungpinang dapat mengapresiasi budaya yang dimiliki yang ada di Kota Tanjungpinang seperti Festival Moon Cake ini. “Budaya ini harus terus dilestarikan dan disini juga disajikan berbagai kesenian baik kesenian pola hidup, sampai pada makanan khas daerah”, Ungkapnya.

Dirinya juga menjelaskan bahwa dengan adanya festival moon cake ini dapat memberikan kesempatan bagi para genesrasi muda untuk dapat mengenal tradisi yang sudah ada sejak dahulu. “Saya sangat mengharapkan agar kegiatan Festival Moon Cake ini dapat terus berjalan secara berkesinambungan sebagai upaya penguatan budaya lokal dan sebagai jati diri masyarkat,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut ia juga mengajak masyarakat untuk bersama mendukung setiap kebijakan pemerintah guna mengembalikan pergerakan perekonomian kota lama. “Kedepan saya ingin kota lama itu dapat lebih baik dan menjadi destinasi wisata baru bagi Kota Tanjungpinang.

Ditempat yang sama, Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang, Raja Kholidin mengatakan Festival Moon Cake ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang untuk melestarikan dan mempromosikan tradisi masyarakat Tionghoa Tanjungpinang. “Pariwisata tidak akan pernah bangkrut, karena pariwisata semakin kita membenahi maka pariwisata memiliki hasil yang dapat menyentuh langsung ke masyarakat. Oleh karena itu kami terus berupaya untuk menjadikan pariwisata yang benar menjdi indutri bukan hanya sekedar kegiatan masyarakat,” kata Raja Kholidin.

Pada festival tersebut juga turut dihadiri oleh Perwakilan Kementerian Pariwisata, Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP, Jajaran FKPD Kota Tanjungpinang, Ketua TP PKK Kota Tanjungpinang Juariah Syahrul dan tokoh masyarakat Tionghoa. (Red)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed