oleh

Bandara Letung Go Internasional

SEPUTARKEPRI.CO.ID, Letung, Anambas-Rencana pelayanan penerbangan go Intenasional di bandara Letung menuju bandara milik negara Singapura itu dilakukan atas upaya pihak PT Pulau Bawah yang mengurus perizinan dan mereka pihak manejemen bahkan telah mengantongi izinnya.

Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra mengatakan pemerintah daerah tetap mendorong terkait rencana atas Bandar Udara (Bandara) Letung yang terletak di Desa Bukit Padi Kecamatan Jemaja Timur Kabupaten Kepulauan Anambas Kepulauan Riau dalam mengembangkan penerbangannya rute bandara Internasional,” ucap Wan Zuhendra kepada awak media, Selasa (2/10).

“Selaku Pemda Anambas, kami tetap mendorong hal itu, namun semuanya harus mematuhi peraturan yang berlaku dan segala faktor fasilitas penunjang mengenai bandara harus di dukung juga. Sejauh ini sudah lengkap informasinya,” ujarnya.

Menurutnya, hal itu berdasarkan permintaan pihak investor PT Pulau Bawah yang bergerak di bidang perhotelan agar ada penerbangan dari negara Singapura menuju bandara Letung. Berdasarkan informasi dari manejemen PT Pulau Bawah mereka sudah mengantongi izin atas hal tersebut.

Ketika ditanya oleh awak media terkait maskapai yang akan melayani rute penerbangan tersebut, ia belum bisa memberi keterangan secara pasti dan itu akan dibicarakan kepada pihak bandara Letung, dan mengenai maskapai saya belum tahu,” ujarnya.

Pemda Anambas hanya diminta memfasilitasi atas pertemuan dengan sejumlah instansi seperti sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan sejumlah Forum Komunikasi Perangkat Daerah (FKPD) lainnya. Kita sudah menyurati terkait hal itu, sejumlah OPD terkait dan FKPD yang ada di Anambas, saya tanda tangani itu,”tuturnya.

Sementara itu, Wakil Ketua II DPRD Anambas dapil II Jemaja dan Jamaja Timur, Amat Yani mengatakan, kami dari legislatif sangat mendukung sekali kerena, akan memberikan efek berlapis atau “multiplier effect” ke sektor Pariwisata Anambas yang saat ini terus berkembang,” ungkap Amat Yani.

“Oh, sudah tentu akan berdampak positif untuk pariwisata Anambas kedepannya. Hal itu pasti ada multiplier effect,” sebut Amat.

Ia juga mengatakan, kedepannya bukan hanya dari pihak investor PT Pulau Bawah saja yang meminta, namun akan banyak lagi investor lain yang melirik untuk membangun Anambas di bidang pariwisata.

“Artinya, disini bukan hanya kebutuhan daerah atau masyarakat Anambas saja mengenai kebutuhan moda transportasi udara namun, pihak swasta juga sangat dominan. Mestinya, bandara Letung harus segera di resmikan oleh Pemerintah Pusat,” ujarnya.

Diketahui, saat ini maskapai yang melayani penerbangan di Bandara Letung menuju Bandara Batam adalah pihak Lion group yakni wings air, sedangkan maskapai Susi Air melayani penerbangan rute Letung menuju Bandara Raja Ali Haji Fisibililah (RHF). Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Kepri serta Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas terus gencar melakukan pembangunan untuk Bandara Letung dalam mengisi segala sektor penunjang pembangunan secara maksimal.

(Kadeni)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed