oleh

Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Terhadap Lingkungan Hidup, Medco E&P Natuna Ltd Menggelar Festival Film

SEPUTARKEPRI.CO.ID, SIANTAN, ANAMBASMedco E&P Natuna Ltd. (Medco E&P Natuna) menggelar Festival Film Dokumenter Lingkungan Hidup bertema ‘Kreativitas Generasi Muda Peduli Anambas’ yang bertujuan untuk
menggali dan menyebarkan informasi serta kondisi lingkungan Anambas lewat film.

Acara ini diselenggarakan
pada  hari Sabtu (24/11)  di Aula SD 001 Tarempa, dihadiri oleh perwakilan Medco E&P Natuna dan Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris.

Kegiatan yang diselenggarakan bersama dengan De Tara Foundation dan Dinas Perhubungan dan
Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Anambas ini untuk mengapresiasi kerja keras para peserta pelatihan menggali, menyebarkan informasi kondisi lingkungan Anambas melalui film yang diselenggarakan etiga institusi tersebut.

Tujuan festival film ini juga mengkampanyekan kepedulian dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan hidup.

Pembuatan film dokumenter ini juga dikombinasikan dengan media sosial sehingga dapat disebarkan secara massif dan efektif.

Selain itu, untuk meningkatkan keterlibatan generasi muda dalam gerakan peduli lingkungan
Agenda festival berupa pemutaran 27 film karya finalis, pameran produk-produk kreatif sekolah-sekolah di Kabupaten Anambas yakni penampilan seni budaya, pengumuman pemenang film dokumenter terbaik, dan penyerahan penghargaan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan Program sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten.

Komitmen kami dalam menjaga pelestarian lingkungan melalui sekolah-sekolah di Kabupaten ini membuahkan hasil luar biasa sehingga dapat dilihat dari perubahan perilaku dan perbaikan lingkungan yang signifikan di wilayah operasi. Festival film ini salah satu alat promosi kepedulian lingkungan, khususnya generasi muda.

Harapannya, mereka memberikan pengaruh luas pada masyarakat melalui karya yang diunggah di media sosial.” ujar Drajat Panjawi, Sr. Manager Relations & Security Medco E&P Natuna.

Medco E&P Natuna tiga tahun belakangan ini bermitra dengan DeTara Foundation dalam program CSR pendidikan di Kabupaten Kepulauan Anambas, yaitu Sekolah Model Peduli dan Berbudaya Lingkungan atau Sekolah Adiwiyata.

Kini salah satu sekolah binaan yaitu SDN 003 Tarempa telah memenangkan Sekolah Adiwiyata 2018 di tingkat nasional.

Salah satu bentuk kegiatan, pada Agustus 2018, Medco E&P Natuna dan DeTara memfasilitasi pelatihan pembuatan film dokumenter dengan smartphone yang diikuti 91 pesertadidik
dan guru dari 17 sekolah binaan.

Laporan: Kadeni