oleh

Gubernur Kepri Safari Ramahan di Kabupaten Lingga

Gubernur Kepri, H. Nurdin Basirun menggendong anak kecil saat tiba di Dusun Tukul Kabupaten Lingga

Lingga (KEPRI)-Memasuki ramadan hari ketujuh, Ahad (12/5) Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), H. Nurdin Basirun memulai safari ramadannya Ke Kabupaten Lingga. Dalam 1 hari tersebut dirinya mengunjungi 3 Pulau sekaligus, antara lain Dusun Tukul, Pulau Bakong dan Sei Buloh.

Nurdin beserta rombongan bergerak dari Tanjungpinang pada pukul 10.30 wib dengan jarak tempuh 1 jam 30 menit, tiba di Dusun Tukul untuk selanjutnya menunaikan salat dzuhur berjamaah bersama masyarakat setempat tepatnya di Masjid Al-Mustaqim Dusun Tukul, Kecamatan Bakung Serumpun, Kabupaten Lingga.

Kedatangan Nurdin di Dusun Tukul sudah ditunggu ratusan anak-anak dengan memakai baju kurung lengkap menyambut rombongan di dermaga pelabuhan, Nurdin kemudian berjalan kaki sekitar 200 Meter menuju masjid diiringi oleh masyarakat.

Sehabis salat, Nurdin sejenak berkumpul bersama masyarakat juga anak-anak untuk mengisi sedikit tausiyah serta bersilaturahmi, dalam kesempatan tersebut tak lupa, Nurdin menyerahkan sejumlah bantuan untuk pengurus masjid beserta santunan kepada anak yatim.

Dalam sambutannya, Nurdin yang begitu senang melihat kegembiraan anak-anak tak pernah lelah untuk mengajak para orang tua untuk benar-benar mendidik mereka menjadi pribadi yang mulia, sukses dan taat beragama. “Jika kita ingin berhasil dikemudian hari, lihatlah generasi muda kita, jaga dan didik anak-anak kita sesuai syariat islam, menjadi penghafal alquran, qori dan qoriah kebanggaan dunia dan akhirat,” ujar Nurdin.

Nurdin juga mengajak masyarakat setempat untuk menjaga kebersihan lingkungan, terlebih dizaman modern saat ini pergeseran keindahan tidak hanya terletak di dalam gedung-gedung besar di pusat kota saja namun dilingkungan pesisir laut, pulau-pulau juga mendapat minat yang tinggi.

“Jadi saya himbau mari kita semua menjaga alam yang kita tempati ini, jauhkan dari segala hal yang kotor, apalagi sampah plastik yang buruk tidak hanya untuk lingkungan namun juga ekosistem dilaut,” pesan Nurdin.

Ketua Dusun sendiri mengaku bangga atas kedatangan Gubernur Nurdin ke Dusun Tukul untuk ketiga kalinya, apalagi datang disaat bulan ramadan yang tentunya mendapat keberkahan baik untuk Dusun maupun Rombongan.

“Kami sampaikan ribuan terimakasih atas kunjungan safari ramadan Pak Gubernur semoga kedatangan Bapak turut membawa keberkahan bagi Dusun kami,” ujarnya.

Selanjutnya, Nurdin beserta rombongan bergerak menuju Pulau Bakong, Kecamatan Singkep Barat. Dengan jarak tempuh sekitar 1 jam, rombongan tiba untuk menunaikan shalat ashar dilanjutkan dengan shalat magrib dan berbuka puasa yang dipusatkan di masjid Fatturahman.

Lagi-lagi Nurdin disambut Ratusan masyarakat yang telah menanti sejak di dermaga pelabuhan, dirinya mengaku senang terlebih ini kunjungan pertamanya ke Pulau Bangkong sejak menjabat sebagai Orang Nomor Satu di Kepri.

Nurdin menuturkan bahwa kunjungannya ke beberapa tempat tidak lain adalah untuk semakin mempererat silaturahmi, terlebih di bulan ramadan tentunya untuk semakin memperbanyak amal ibadah yakni hablumminannas dan habluminallah.

“Selain kunjungan dilakukan untuk meningkatkan silaturahmi, tentu pertemuan kita ini dapat saling sharing tentang pembangunan, apa yang masih kurang dan apa yang harus di tingkatkan,” kata Nurdin.

Sebelum kembali ke Tanjungpinang, Nurdin menutup safari ramadannya di Lingga dengan berkunjung ke Desa Sei Buluh, untuk menunaikan shalat isya dan Tarawih berjamaah yang dipusatkan di Masjid Nurul Ikhwan.

Setibanya di pelabuhan, kembali Nurdin disambut masyarakat setempat untuk kemudian bersama-sama berjalan kaki menuju ke masjid dengan jarak sekitar 100 Meter.

Dalam tausiyahnya, Nurdin tak henti-hentinya mengajak jamaah untuk memaksimalkan amal ibadah selama bulan ramadan, karna kesempatan ini tidak datang setiap kali dan tidak semua orang bisa mendapat kesempatan tersebut.

“Maka pergunakanlah waktu yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita untuk beribadah dengan maskimal,” kata Nurdin.

Nurdin pun meminta agar maskimalnya ibadah di bulan ramadan ini jangan terhenti ketika masuk bulan syawal, namun dapat terus berkelanjutan dibulan-bulan berikutnya.

“Semangat beribadah dan euforia selama ramadan inilah yang harus kita bawa dan tuntun di bulan-bulan lainnya, sesuai keinginan kita yang ingin surga di akhirat kelak maka raihlah dengan sungguh-sungguh,” pungkas Nurdin.

Tampak hadir dalam rombongan Gubernur sejumlah Kepala OPD, Ketua MUI Provinsi Kepri KH Azhar Hasyim, Ketua MUI Kota Tanjungpinang Bambang Haryono, Dirut Quran Center Mahadi Rahman, Tokoh Masyarakat Kepri dan Rombongan Hulu Balang Bentan. (* )

Editor: 7ringgo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed