oleh

Sekda Anambas Pimpin Rapat Persiapan Peresmian Tiga Kecamatan Yang Akan Dimekarkan

Pasir Peti, ANAMBAS (KEPRI)-Rapat Persiapan Peresmian 3 Kecamatan yang ada di Kabupaten Kepulauan Anambas antaranya adalah Kecamatan Kute Siantan, Kecamatan Siantan Utara, dan Kecamatan Jemaja Barat di Ruang Rapat Kantor Bupati Lantai II Pasir Pet, Rabu, 22/5/19 kemarin.

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Sahtiar, SE, MM, dan dihadiri Oleh Zukhrin, Asisten I, Redo Lithory Grav Camat Palmatak, Catharina Draw Asisten II, Akmaruzzaman Kabag Humas, Ridwan Ketua Panitia Pemekaran Kecamatan Siantan Utara, Yurnalis Kepala Desa Impol, Aryadi Kepala Desa, Samsul Bahri Tim Pemekaran Kecamatan Jemaja Barat, Abdul Agus Sekdes Bayat, Abdul Raub Tim Pemekaran dari Desa Piasan, Zainal Arifin Kepala Desa Piasan, Diding Yurdianto Tokoh Pemuda, dan Sairudin BPD Piasan.

Sahtiar, SE MM, dalam penyampaiannya mengatakan bahwa Pihaknya akan mengundang Menteri Dalam negeri untuk peresmian 3 kecamatan, yaitu kecamatan Kute Siantan, Kecamatan Jemaja Barat, dan Kecamatan Siantan Utara, yang akan diselaraskan dengan acara Ulang tahun ke-11 Kabupaten Kepulauan Anambas tanggal pada tanggal 24 Juni 2019 yang akan datang.

Sahtiar berpesan kepada kepala desa untuk mempersiapkan fasilitas seperti untuk kantor, serta berharap agar sesegera mungkin melakukan persiapan persiapan yang di butuhkan dalam peresmian nantinya, mengenai anggaran peresmian Pemerintah Daerah sudah mempersiapkan dan segera usulkan apa saja yang dibutuhkan oleh Pihak Kecamatan maupun Desa sebagai Panitia Peresmian Kecamatan.

Pemerintah Daerah akan mensuport secara keseluruhan terkait peresmian 3 kecamatan tersebut. Sehingga kegiatan berjalan maksimal, peresmian ini yang akan meresmikan oleh menteri dan Gubernur juga akan dihadiri oleh kamendagri,ucapnya.

Aryadi Kades Mubur mengatakan bahwa kantor Kecamatan nantinya akan menggunakan Balai Pertemuan Desa Mubur akan dijadikan kantor staf kecamatan, dan sampai saat ini sudah siap dan sudah bisa digunakan, selain itu juga pihaknya akan melakukan sukuran ucapan terima kasihnya kepada pemerintah daerah atas pemekaran kecamatan Siantan Utara.

Redo Lithory Grav Camat Palmatak mengatakan bahwa pihaknya juga akan lakukan pesta rakyat berupa sukuran dan akan lakukan pemotongan Sapi untuk acara syukurannya, dan usai rapat ini pihak Kecamatan Palmatak akan bentuk Tim kecil untuk acara syukuran peresmian Kecamatan Siantan Utara, Kecamatan induk akan membimbing kecamatan yang baru, dan pihak kecamatan Palmatak akan hendel semua dalam kepanitiaan.

Akmaruzzaman Kabag Humas juga turut mengatakan bahwa tanggal 24 Juni adalah hari Ulang Tahun Kabupaten Kepulauan Anambas, kemudian ia mengusulkan bahwa tanggal 25 bapak menteri meresmikan Kecamatan Siantan Utara, dan Kecamatan Kute Siantan, yang berada di Palmatak, dan pada tanggal 26 menteri meresmikan kecamatan Jemaja Barat namun hal ini juga tergantung dengan jadwal Menteri nantinya, itu sekedar jadwal dari Pemerintah Daerah Anambas, kita lihat jadwal bapak menteri terlebih dahulu, ucapnya.

Yornalis Kades Impol didampingi oleh Ketua BPD, mengenai Kesiapan untuk peresmian Kantor Kecamatan Jemaja Barat sudah siap, baik dari Kantornya maupun fasilitas pendukung lainnya sudah disiapkan, pihaknya juga sudah membicarakan untuk acara syukuran dan sudah pernah dibicarakan bersama masyarakat Kecamatan Jemaja Barat.

Zuhrin Asisten I juga mengatakan bahwa jika bapak menteri nantinya memiliki waktu yang lebih pihaknya akan mengajak bapak menteri untuk meresmikan Kecamatan dengan cara turun langsung ke Lokasi Kecamatan, kita bisa resmikan serentak di kabupaten yang sekaligus diselaraskan dengan acara Ulang Tahun Kabupaten Kepulauan Anambas pada tanggal 24 Juni.

Editor: Kadeni Razak