oleh

TTG Dari Provinsi Kepulauan Riau Siap Berkompetisi di Ajang Gelar TTG Tingkat Nasional

Kepala Dinas PMD Dukcapil Provinsi Kepulauan Riau, Drs. H. Sardison, M.TP., menyerahkan hadiah kepada juara II.

Tanjungpinang (KEPRI)-Setelah melalui proses penilaian oleh Tim penilai/dewan juri mengumumkan Pemenang Juara Lomba TTG tingkat Provinsi yang dibacakan Oleh Ketua Tim Penilai Ir. Ari Sudaryanto,M.P dari Balai Pengembangan LIPI di Mall Ramayana Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Kamis (11/07/2019) pagi.

 

Untuk Inovasi Batako Limbah Lipstik (Limbah Plastik) asal Kabupaten Lingga dinyatakan sebagai Pemenang pertama dan mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar 15 Juta.

Pemenang kedua dengan judul TTG Metode daur ulang sampah organic dengan pembudidayaan black soldier flay dari Posyantekdes Desa Teluk Bakau Kabupaten Bintan dengan hadiah uang pembinaan sebesar 13 Juta.

Sedangkan pemenang ketiga adalah CIGBRICK yaitu metode pemanfatan limbah sampah plastic menjadi barang bermanfaat dengan hadiah uang pembinaan 11 Juta.

Pemenang juara I,II dan III akan dibina dan diikut sertakan pada Lomba Inovasi TTG Tingkat Nasional di Bengkulu. Kemudian untuk pemenang harapan satu, L-Wof: Rancangan Bangunan Instrumentasi Pengukur Panjang dan berat Ikan dari Kabupaten Kepulauan Anambas dengan hadiah uang sebesar 5 Juta, Pemenang harapan dua, mesin pengupas kunyit dari Kota Batam mendapatkan Hadian uang sebesar 4 Juta, dan terakhir pemenang harapan tiga alat pengerol besi asal Kabupaten Karimun dengan hadiah uang sebesar 3 Juta.

Kepala Dinas PMD Dukcapil Provinsi Kepulauan Riau, Drs. H. Sardison, M.TP mengatakan bahwa setiap TTG yang layak untuk dimanfaatkan sudah diagendakan secara berkelanjutan untuk dipatenkan.

Pengusulan hak paten merupakan penghargaan dan penghormatan kepada inovator atas hasil karyanya. Jika sudah memperoleh hak paten maka langkah selanjutnya, bagaimana kita berupaya memproduksi lebih banyak alat tersebut. Dengan demikian kepada innovator juga akan mendapatkan hak royalty,” ucap Sardison.

Sementara itu Gubernur Kepulauan Riau melalui Asisten II Drs. Samsul Bahrum, M.Si., Ph.D dalam sambutannya ketika menutup acara lomba tersebut mengatakan, kegiatan inovasi tidak terlepas dari kegiatan inovasi / penelitian secara ilmiah dan memenuhi barbagai kaidah secara ilmiah.

Sesuai kemajuan peradaban manusia menurut Samsul Bahrum telah menuntut kita semua untuk terus berinovasi dan menghasilkan karya-karya terbaru. Terkait persiapan untuk mengikuti lomba inovasi TTG di ajang Gelar TTG tingkat nasional tahun 2019 di Bengkulu.

Diakhir Acara di lakukan pencabutan Dorprice Hadiah Hiburan Utama dari Sponsor oleh Kadis. PMD Dukcapil Prov.Kepri bersama Asisten II Ekbang Provinsi Kepri. (* )