oleh

Perhelatan Budaya Melayu Pesisir Menjadi Daya Tarik Pariwisata di Anambas

Event Nasional  Festival Padang Melang (FPM) yang telah ditetapkan oleh Menteri Pariwisata dan Kebudayaan RI  berlangsung dengan tema “Helat Budaya Melayu Pesisir”. Event FPM 2019 dihari ketiga mulai Rabu 17 Juli 2019 s/d  Sabtu 20 Juli 2019  di  Pantai Padang Melang berlokasi Desa Batu Berapit Kecamatan Jemaja Timur Pulau Letong, Kabupaten Kepulauan Anambas,  Provinsi Kepulauan Riau.

Sejak pembukaan pada Rabu 17 Juli 2019 dihadiri oleh beberapa Pejabat Negara mulai dari Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti didampinggi Dirjen Pengelola Ruang Laut dari Kementerian Kelauatan dan Perikanan RI Brahmantya Satyamurti Poerwadi, Kepala Biro Humas dan Hubungan Kerja Luar Negeri dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI Lili Aprilia, Menteri Energi Sumberdaya Mineral yang diwakili oleh Deputi Dukungan SKK MIGAS M Atok Urrahman, Menteri Dalam Negeri mewakili Deputi BNPT I Robert Sembolon, Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Kementerian Kordinator  Maritim RI Sugeng Sotoso, Pimpinan Manejer K3S, Kepala Budidaya Laut Batam Toha, Kepala Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional Pekanbaru Fajar Kurniawan/ESS IV), Rombongan Team Kementerian Pariwisata RI, Plt Gubenur Kepri Isdianto bersama istri, Staf Khusus Gubernur Kepri Herizal Hood dan Saidul Khudri bersama istri, Kepala Dinas Kominfo Kepri Zulhendri, Kepala Dinas PMD Disdukcapil Provinsi Kepri Sardison, Kepala Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Provinsi Kepri Buralimar, General Manager Telkosel Provinsi Kepri Munawar, Manager ANS Provinsi Kepri Andi Suapril, Spv,l. RTPO Telkomsel Tanjung Pinang Yurianda Syaputra Pane, Manejer Sitac Infrastruktur Telekomunikasi PT. Mora Telematika Indonesia, Bupati KKA Abdul Haris dan Wakil Bupati KKA Wan Suhendra), Sekda KKA Sahtiar, Ketua DPRD KKA Imran Kapolres KKA AKBP Jonoto, Komandan Lanal dan Koramil Tarempa, Kacabjari Tarempa, Seluruh Anggota DPRD KKA, Para Asisten KKA dan Kepala OPD KKA, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, serta Seluruh Staf dilingkungan Pemerintah KKA.

Festival Padang Melang (FPM) yang juga disugukan dengan hiburan – hiburan artis-artis kondang ibu kota Jakarta dan diselingi dengan bermacam perlombaan dari tingkat dewasa sampai dengan tingkat anak-anak yang salah satunya lomba berpantun. Hal itu untuk menarik pengunjung lokal maupun dari luar daerah bahkan turis mancanegara.

Pantai Padang Melang yang salah satu pantai terpanjang dan terindah di Kabupaten Kepulauan Anambas memang tak diragukan ditingkat asia, dapat menunjang daya tarik pariwisata kedepan. Pantai yang panjang lebih kurang tujuh kilo meter dengan pasir putih dan air laut biru bersih dihiasi oleh pepohonan kelapa disekitaran pantai, juga kehadiran kapal- kapal yact (turis) dari mancanegara menghiasi disekitar laut pada saat berlansungnya event FPM 2019 kali ini.

Tidak jauh dari lokasi pantai telah dipersiapkan oleh panitia pelaksana penyelenggara dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan KKA seperti membangun 15 stand untuk mempromosikan dan menyajikan bermacam- macam kuliner asli asal Kabupaten Kepulauan Anambas seperti lakse dan kebuyot.

Disisi lain juga puluhan stand bazar yang  mempromosikan produk daerah yang tidak kalahnya seperti kain batik cual asli dari karya masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas yang bisa dibeli bagi pengunjung yang datang menyaksikan FPM 2019.

Oleh: Kadeni Razak

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed