oleh

Lanal Tarempa Mengikuti Pelatihan Menembak Uji Petik P1/P2

Prajurit Lanal Tarempa saat latihan simulasi penindakan huru hara.

Tarempa, Anambas (KEPRI) –Pelaksanaan Uji Petik P1/P2 tahun 2019 tahap II dan Simulasi Penindakan Huru Hara (Dakhura) dan Pertahanan Pangkalan (Lathanla) oleh Tim Kolat Armada I Lanal Tarempa Kabupaten Kepulauan Anambas.

Pelatihan menembak Uji Petik P1/P2 Tahun 2019 Tahap II dilaksanakan di Lapangan tembak Lanal Tarempa, Kamis (29/8).

Sedangkan simulasi Penindakan Huru Hara (Dakhura) dan Pertahanan Pangkalan (Lathanla) dilaksanakan Mako Lanal Tarempa.

Kegiatan Latihan Menembak dalam rangka Uji Petik P1/ P2 tahun 2019 Kolat Armada I diikuti oleh seluruh Prajurit Lanal Tarempa mulai dari Perwira, Bintara, Tamtama dan ASN.

Latihan Menembak Laras Panjang 3 gelombang, latihan Menembak Laras Pendek (Pistol) dilaksanakan 3 gelombang dan 1 kali menembak Eksekutif yang diikuti oleh Pejabat VIP seperti Wakil Bupati Anambas, Kapolres Anambas, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Tarempa dan Danlanal Tarempa.

Sedangkan simulasi Dakhura melibatkan aksi masa yang menuntut pembebasan warga nelayan Anambas yang tertangkap oleh Pos Angkatan Laut (Posal) Jemaja karena tindak pidana perikanan dengan menggunakan kapal ikan yang tidak dilengkapi dokumen. Massa yang terlibat dalam aksi demo sebanyak 200 orang terdiri dari warga nelayan anambas dan 3 regu Dakhura Lanal Tarempa.

Dilanjutkan dengan simulasi pertahanan pangkalan dengan skenario menyikapi perkembangan situasi terkait memanasnya isu dilaut Cina Selatan saat ini telah berubah penyebutan nama menjadi Laut Natuna Utara, atas pengakuan wilayah dari beberapa negara di Asia Tenggara.

Pemerintah Indonesia melalui TNI AL memerintahkan jajaran dibawahnya agar mengantisipasi tindakan provokasi  menganggu Kemananan di wilayah NKRI.

Menyikapi hal itu Panglima TNI memerintahkan perkuatan unsur pada wilayah, sehingga bisa bergerak cepat jika ada perintah, Lanal Tarempa adalah pangkalan memiliki letak geografis dekat dengan Laut Cina Selatan sangat berpotensi terhadap serangan musuh.

Dalam kegiatan simulasi pertahanan pangkalan ini juga melibatkan KRI Imam Bonjol dan Pangkalan Udara TNI AU di Ranai untuk penanganan serangan musuh.

Pelaksanaan Latihanla terbagi menjadi beberapa tahap, Persiapan Pasukan dan Alat PEK, Peran Tempur bahaya udara, Peran Penanggulangan bahaya kebakaran, Peran Bahaya Umum, Evakuasi Medis juga dievaluasi oleh Tim Kolat.

Dari pantauan awak media www.seputarkepri.co.id, kegiatan tersebut dihadiri Katim Uji Petik Kolat Armada I Letkol Laut (P) Ahmad Mahdi, Danlanal Tarempa Letkol Laut (P) Nur Rochmad Ibrohim ST MSi, Wakil Bupati Anambas Wan Suhendra, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Tarempa Dedi, Kapolres Anambas AKBP Junoto, SIK,
Wakatim Uji Petik Kolat Armada I Mayor Laut (P) Budi Darmawan, Para Perwira Lanal Tarempa dan Tim Uji Petik P1 P2 Kolat Armada I.

Editor: Kadeni Razak

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed