oleh

Kemampuan Standar Prajurit Lanudal Tanjungpinang Di Cek Dalam Samapta

Tanjungpinang (KEPRI)-“Samapta” sebuah kata yang singkat dan sederhana, namun memiliki arti yang luar biasa.
Samapta atau yang disebut juga Kesegaran Jasmani (Garjas) adalah suatu kesiap siagaan dalam menghadapi segala situasi nbaik itu dalam situasi atau
dalam situa yang mendesak maupun situasi normal di dalam kehidupan sehari-hari.

Lanudal Tanjungpinang sebagai bagian institusi militer di Tanjungpinang Kepulauan Riau yang turut serta bertanggung jawab atas keamanan wilayah kerjanya
dituntut harus memiliki prajurit dengan kesiapan fisik dan mental serta naluri tempur yang prima, sehingga dalam setiap melaksanakan tugas mampu melaksanakannya dengan penuh rasa tanggung jawab.

Hal ini disampaikan Komandan Lanudal Tanjungpinang Letkol Laut (P) Dani Achnisundani S.H., M.Tr. Hanla. Dalam sambutannya pada pelaksanaan test Samapta rutin yang digelar Lanudal Tanjungpinang pada periode TA 2019 dan diikuti oleh Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Lanudal Tanjungpinang, yang dilaksanakan di Komplek Lanudal Tanjungpinang, Jumat (11/10) kemarin.

Dalam kesempatan tersebut, Danlanudal Tanjungpinang berpesan, “Agar dalam pelaksanaan test kesamaptaan jasmani harus betul-betul dilaksanakan secara maksimal dan serius tapi juga sesuaikan dengan kemampuan masing-masing individu dan jangan dipaksakan, utamakan keselamatan”, pesannya.

Karena, lanjutnya, hal tersebut sebagai tolak ukur untuk mengetahui kemampuan personel militer dan PNS Lanudal Tanjungpinang, sejauh mana keberhasilan pembinaan personelnya yang selama ini telah Lanudal Tanjungpinang laksanakan, mulai dari olahraga rutin setiap hari Selasa dan Jumat serta lari siang setiap hari Rabu, tegas Danlanudal Tanjungpinang sesaat selesai pelaksanaan pull up.

Selain itu, ungkap Danlanudal Tanjungpinang, disamping bertujuan untuk mengetahui sejauhmana kemampuan samapta jasmani personil militer dan para PNS Lanudal Tanjungpinang, juga melalui test samapta seperti saat ini dimaksudkan untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat, dan bugar untuk menunjung pelaksanaan tugas pokok Lanudal Tanjungpinang, tutupnya.

Sementara itu, Pasminlog Lanudal Tanjungpinang Lettu Laut (T) Dhany, yang turut serta ikut test samapta mengatakan, “Pelaksanaan test samapta jasmani ini untuk memenuhi administrasi persyaratan kenaikan pangkat dan karir personil”. Bagi prajurit yang tidak memenuhi standar penilaian akan dilaksanakan pembinaan khusus, tapi saat ini tidak ada, tadi para prajurit mengikutinya dengan penuh semangat dan serius, ujarnya.

Sebelum pelaksanaan test kesamaptaan jasmani, terlebih dahulu dilaksanakan pengecekan kesehatan (tensi tekanan darah) oleh Tim Kesehatan Balai Pengobatan Lanudal Tanjungpinang dan dilanjutkan dengan pelaksanaan peregangan/pemanasan yang dipimpin oleh Pabinjas Lanudal Tanjungpinang Letda Laut (T) Didik Darmadi.

Pen Lanudal Tanjungpinang