oleh

Sanggam: Sabtu Ini Perhelatan HUT RBB Tanjungpinang Dihibur Artis Ibu Kota

Ketua Rumpun Batak Bersatu Kota Tanjungpinang, Sanggam Simamora, S.E.,M.M (kanan) saat wawancara dengan awak media.

Tanjungpinang (KEPRI)-Ketua Rumpun Batak Bersatu (RBB) Kota Tanjungpinang, Sanggam Simamora, S.E., M.M sebut perhelatan seni budaya yang akan dilaksanakan akan dihibur artis ibu kota “TRIO ELEXIS” dari Jakarta, artis pelawak “MERY SINAGA”.

Selain untuk menghibur, dia mengajak, mari menjalin silaturahmi sesama  masyarakat di Kota Gurindam. Mengingat Kota ini nuansa adat dan tutur bahasanya sangat kental dan menjunjung tinggi nilai-nilai budaya di Tanjungpinang,” ucap Sanggam kepada awak media seputarkepri.co.id. di Kota Tanjungpinang, Minggu (13/10) sore.

Menurutnya, kehadiran RBB di tengah-tengah masyarakat Kota Tanjungpinang, diharapkan bisa berkontribusi memajukan pembangunan, dapat membawa nilai positif sesama suku lain, serta selalu menjaga persatuan dan kedamaian.

Orang yang murah senyum dan ramah ini juga mengungkapkan, kepada warga suku Batak Tanjungpinang harus mengingat “Dimana Bumi Dipijak, Di Situ Langit Dijunjung”, pungkasnya.

Diungkapkannya, paguyuban Rumpun Batak Bersatu (RBB) ini mewadahi dari 5 puak yakni Puak Toba, Puak Simalungun, Puak Karo, Puak Pakpak dan Puak Angkola.

Dari jumlah puak tersebut, dia menekankan kepada setiap pengurus dan jajaran, baik ketua marga maupun ketua parsahutaon di wilayah Kota Tanjungpinang agar senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai adat di Kota Gurindam ini.

Dia juga mengajak seluruh warga suku batak yang berada di Kota Tanjungpinang agar dapat menghadiri acara perhelatan RBB Ke-12 Tahun 2019 yang akan dilaksanakan di Gedung PSMTI Jalan Rawa Sari Bt 5 bawah, dimulai Pukul 19.30 Wib. Di acara ini, kata Sanggam, artis Ibu kota dan pelawak yang sudah membuming di tingkat nasional juga turut dihadirkan untuk memeriahkan acara ini,” terang Sanggam.

Kedepan, kata Sanggam, banyak program-program yang akan digodok termasuk mulai dari kegiatan suka maupun duka. Pihaknya akan mendatangkan para pakar adat dari lima puak batak. Dari sinilah, nantinya para kaum muda mengetahui sedikit banyaknya silsilah (riwayat) dan ruhut-ruhut (tata cara/aturan) paradat on tersebut.

Selama kepemimpinannya lebih kurang 3 tahun, seluruh tokoh puak batak selalu kordinasi yang sangat baik. Menurutnya, apabila jajaran pimpinan puak itu selalu kompak, mustahil apapun bisa kita godok kegiatan-kegiatan kedepan.

Tujuannya, kata Sanggam, agar nantinya bisa mengambil solusi yang terbaik, merekrut para pemuda sesuai  bidang  masing-masing. Misalnya, keahlian di bidang perkapalan kita jembatani untuk mendapatkan pekerjaan tersebut,” terangnya.

Editor: 7ringgo

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed