oleh

Lebih Kurang 3000 Penonton Padati Malam Seni dan Budaya Batak di Gedung PSMTI

Para penonton saat menyaksikan panampilan TRIO ELEXIS.

Tanjungpinang, Seputarkepri.co.idMalam Seni dan Budaya Batak dalam rangka Hari Ulang Tahun Rumpun Batak Bersatu (HUT RBB) Tanjungpinang ke-12 terhibur dengan beberapa lagu yang di bawakan Trio Elexis.

Penampilan personil mengenakan seragam sama tersebut mampu memukau para penonton lebih kurang 3000 orang yang memadati Gedung Paguyuban Suku Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) di Jalan Rawasari Batu 5 Bawah, Sabtu (19/10) malam.

Dalam acara tersebut tampak hadir Wali Kota Tanjungpinang, H Syahrul didampingi Ketua PKK Jurawiyah Syahrul. Hadir juga perwakilan Plt Gubernur Kepri yang diwakili Kepala Dinas Tenaga Kerja, Tagor Napitupulu. Menambah rasa kekeluargaan diantara sesama, hadir juga Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kota Tanjungpinang, Wan Rafiwar, perwakilan lima kepala puak Batak serta pengurus lainnya.

Memberikan rasa aman, hadir juga Dandim 0315/Bintan yang diwakili Kasdim Letkol Inf Horas Sitinjak, Kapolres Tanjungpinang, AKBP Muhammad Iqbal beserta jajarannya. Diantaranya Kapolsek Tanjungpinang Timur, AKP Indra Jaya serta timnya.

Kehadiran para tamu undangan disambut hangat Ketua Umum RBB Tanjungpinang, Sanggam Simamora beserta istri, drg. Erika M Hutahaean dan pengurus serta panitia acara lainnya.

Wali Kota Tanjungpinang, H Syahrul menuturkan, melalui kegiatan ini, masyarakat Tanjungpinang khususnya suku Batak bisa merasa berada di kampung halaman.
“Saya berterima kasih dan mengapresiasi acara ini. Kalau bukan acara yang di taja pengurus RBB saya tidak bisa hadir di sini. Mudah-mudahan melalui acara ini, bisa kembali merasa di kampung halaman,” ucap Syahrul.

H Syahrul beserta tamu undangan lain yang hadir juga mendampingi Sanggam Simamora dan pengurus lainnya meniup lilin tanda perayaan HUT RBB Tanjungpinang ke-12.

Ia bahkan mendorong kreasi Batak bisa terus eksis. Bahkan bisa menggunakan Halaman Gedung Gonggong untuk pertunjukan.

Diakhir sambutanya, H Syahrul berpesan kedepan bisa terjalin kedamaian diantara sesama. Serta berharap pelantikan kepala negara yang dilaksanakan, besok, Minggu (20/10) bisa berjalan dengan lancar. Begitu juga kondisi di Tanjungpinang bisa damai dan kondusif. Selain itu, menyerahkan secara simbolis kue kepada perwakilan lima kepala puak Batak. Diantaranya Toba, Mandailing, Karo, Pakpak dan Simalungun.
Setelah itu, dua lagu yang dibawakan Hesber Manalu, Asman Sinaga dan Jontinus Sinaga yang merupakan personil Trio Elexis mampu menghidupkan suasana perayaan.

Tidak asing ditelinga masyarakat yaitu “Jangan Salah Menilaiku” dan “Dongani Ma Au” (temanilah aku).
Keakraban semakin terasa, menyaksikan tari kreasi perwakilan puak. Selain itu, para pemenang lomba trio pun ikut memberikan yang terbaik.

Ketua Umum RBB Tanjungpinang, Sanggam Simamora menuturkan, melalui kegiatan ini mampu mempersatukan puak-puak Batak yang ada di Tanjungpinang. Berbagai kegiatan dilaksanakan dalam rangka HUT RBB ke 12 Tanjungpinang.
Diantaranya bakti sosial (baksos) donor darah dan lomba trio,” ucap Sanggam yang juga Kepala KSOP Dumai ini.

Sementara itu, Ketua panitia, Syahrial Tarigan menuturkan, melalui kegiatan ini sebagai bukti bahwa warga Batak di Tanjungpinang kompak. Terdiri dari berbagai puak yang menampilkan berbagai kreasi seni.
Hadir juga pelawak Batak yang terkenal dengan nama panggung Merry Sinaga. Ini pun cukup mencuri perhatian yang hadir. Mengenakan seragam khas merah jambu serta di tengah berlubang.

Tujuannya, kata Syahrial, menjalin silaturahim orang batak khususnya dengan masyarakat Tanjungpinang. Juga melestarikan budaya batak dan memperkaya khasana budaya di Kota Tanjungpinang yang Hitrogen.

Harapannya, masyarakat batak turut bersinergi dalam memajukan kota tanjungpinang. Melalui kegiatan ini, orang Batak di Tanjungpinang tetap bersatu memajukan daerah ini melalui hal yang bisa dilakukan. (* )

Editor: 7ringgo