oleh

Germas dan Dinas Kesehatan Anambas Berkolaborasi Mendukung Antisipasi Merokok

Anambas, seputarkepri.co.id-Dinas Kesehatan Kepulauan Anambas, bersama Organisasi Masyarakat dan Dunia Usaha untuk mendukung Kesehatan di Kabupaten Kepulauan Anambas, Penggalangan organisasi ini diadakan di Aula Kantor Bupati Lama (Ruang Rapat Dinas Penanaman Modal dan PTSP, Transmigrasi dan Tenaga Kerja) Kabupaten Kepulauan Anambas pada Kamis (21/11/2019) kemarin.

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan, dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

“Salah satu gerakan masyarakat yang harus kita lakukan adalah antisipasi merokok, di Anambas kan sudah ada Perbup yang mengatur kawasan tanpa rokok,” ucap Budi perwakilan dari Dinas Kesehatan Provinsi Kepri, pada Kamis (21/11/2019) kemaren.

Kata Budi, Semakin zaman berkembang, kini anak-anak Sekolah Dasar (SD) sudah ada yang merokok bebas. Bahkan anak kecil saja sudah diperbolehkan untuk merokok.

“Ini merupakan penyakit dan permasalahan yang ada di Indonesia,” ungkap Budi.

Ia juga menjelaskan bahwa ada 6 point yang harus diperhatikan dalam Germas, yaitu peningkatan aktivitas fisik, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, peningkatan kualitas lingkungan, peningkatan edukasi sehat, dan peningkatan perilaku hidup sehat.

Selain 6 point tersebut, masyarakat tentunya harus berperilaku hidup sehat, melakukan pengecekan kesehatan, makan sayur dan buah.

“Sayangnya di Anambas ini untuk pasokan buah dan sayur cukup sulit dan harganya juga mahal ya. Seperti kue kotak ini, coba diganti dengan makanan sehat seperti ubi, jagung, dan buah,” tuturnya.

Editor; Kadeni Razak