oleh

Inilah Lima Prioritas Yang Dipaparkan Pada Seminar RPJMN di Kabupaten Anambas

Pasir Peti, Anambas, seputarkepri.co.id–Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas melaksanakan Seminar Penguatan Peran Daerah Perbatasan Dalam Melaksanakan Rencana Pembangunan Jangka Menenegah Nasional (RPJMN) 2020-2024, Seminar terlaksana di Lantai 3 Ruang Rapat  Kantor Bupati Pasir Peti pada hari Jumat (10/01/2020) yang lalu.

Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris SH, memaparkan pandangan umum dasar hukum, letak geografis, luas wilayah, wilayah administratif dan jumlah penduduk Kepulauan Anambas dan kondisi  ekonomi makro dan 7 agenda pembangunan Anambas serta tentang isu strategis dalam pembangunan daerah tertinggal, kawasan perbatasan dan perdesaan RPJMN 2020-2024.

Dia juga menjelaskan tentang program serta kegiatan – kegiatan yang menjadi prioritas Kabupaten Kepulauan Anambas dalam mendukung Agenda Pembangunan RPJMN 2020-2024 antaranya pengembangan komoditas unggulan, pengembangan transportasi dan logistik regional, pengembangan transportasi dan logistik lokal.

Sementara itu, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji tergabung dalam Tim IKAL, memaparkan lima prioritas pembangunan di Republik Indonesia dan permasalahan yang ada di negeri ini.

“ Misalnya dari sumber daya energi, dimana sumber daya energi ini kedepannya akan habis, kondisi demografi, integritas yakni perbedaan negara maju dan berkembang contohnya Singapura dan Malaysia,” papar dia.

Tatto menyebutkan lima prioritas  diantaranya infrastruktur , Sumber Daya Manusia (SDM), penyederhanaan birokrasi, penyederhanaan regulasi dan ekonomi kreatif.

Tatto juga berbagi pengalaman tentang Kabupaten Cilacap yang merupakan penyangga pangan bebas surplus nomor 2 seluruh Indonesia.

Masih Tatto, Kondisi di Kabupaten Cilacap, tidak ada anak sekolah yang tidak sekolah, semua harus sekolah, mulai dari SD, SMP, SMA dan perguruan tinggi itu dibiayai oleh CSR dan Pemerintah daerah, juga mereka diambil perwakilan 1 orang dari setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Cilacap,”sebutnya

Seminar Penguatan Daerah Perbatasan Dalam Melaksanakan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, SH berakhir dengan memberikan cindera mata kepada tim Ikatan Keluarga Alumni Lemhanas (IKAL).

Editor: Kadeni

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed