oleh

Peduli Generasi Muda Yang Berkarakter Disiplin, Danlanudal Tanjungpinang Narsum di SMK N 3

Tanjungpinang, seputarkepri.co.id-Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal) melalui Komandan Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut (Danlanudal) Tanjungpinang, Letkol Laut (P) Dani Achnisundani, S.H., M.Tr. Hanla, mendapat kehormatan dan kepercayaan menjadi nara sumber (Narsum) bidang Ketarunaan  dalam tema “Program Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris dan Bahasa Asing lainnya serta Pengembangan Karakter Industri dan Wirausaha Siswa”, pada program keahlian 4 tahun (dual system) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau, Kamis (23/1).

Dalam sambutan mengawali kegiatan, Kepala SMK Negeri 3 Tanjungpinang Bapak Jumadi, S.Pd., mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi terhadap Danlanudal Tanjungpinang, atas berkenannya hadir menjadi nara sumber bidang Ketarunaan terkait dengan program pemerintah akan menerapkan pendidikan SMK Negeri 3 Tanjungpinang dari 3 tahun menjadi 4 tahun. Diharapkan dengan adanya penyampaian materi ketarunaan yang nanti akan disampaikan oleh Bapak Komandan Lanudal Tanjungpinang, dapat membantu para guru-guru SMK Negeri 3 Tanjungpinang dalam penyusunan konsep program sekolah selama 1 tahun untuk menyiapkan para siswa yang mampu bersaing di dunia kerja,” ungkap Jumadi.

Sementara itu dalam penyampaian materi bidang Ketarunaan di hadapan para guru-guru SMK Negeri 3 Tanjungpinang, Danlanudal Tanjungpinang diantaranya menyampaikan bahwa ketarunaan merupakan suatu pendidikan yang menerapkan sistem-sistem pendidikan dengan prinsip militer yang bertujuan membentuk karakter peserta didik, akan tetapi penerapan prinsip bukanlah prinsip murni militer.

“Prinsip yang diterapkan bukanlah militer murni akan tetapi dasar taruna (kegiatan pelatihan-pelatihan) yang digunakan dalam militer”. Hal ini bertujuan untuk membentuk karakter kedisiplinan dan kepribadian yang baik pada peserta didik agar mampu mencegah dan mengatasi penyimpangan pada kepribadian anak sehingga anak dapat berkembang dengan baik, tegas Danlanudal Tanjungpinang.

Mendapat apresiasi dan respon yang begitu besar dari Kepala SMK Negeri 3 Tanjungpinang dan para guru-guru yang hadir, Danlanudal Tanjungpinang berharap agar apa yang disampaikan tadi dapat menjadi sumbangsih dan kontribusi Lanudal Tanjungpinang dalam penyusunan konsep program 1 tahun.

Sehingga diharapkan dengan adanya program revitalisasi SMK Negeri 3 Tanjungpinang yang akan menerapkan pendidikan 4 tahun, dapat menghasilkan peserta didik yang memiliki banyak keunggulan diantaranya disamping memiliki skill juga memiliki karakter dengan kepribadian sesuai kaidah moral yang merupakan pondasi utama dalam membangun bangsa dan negara Indonesia, pungkas Letkol Dani Danlanudal Tanjungpinang.

Pen Lanudal Tanjungpinang
Editor: 7ringgo