oleh

KPU Anambas Luncurkan Tahapan Pilkada Tahun 2020

Anambas, seputarkepri.co.id-Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Anambas melaksanakan Tahapan Peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Anambas Tahun 2020 di Lapangan Sulaiman Abdullah, Kelurahan Tarempa, Kecamatan Siantan pada Jum’at (24/01/2020) malam.

Dari Pantauan awak media ini hadir di acara tersebut diantaranya, Komisioner KPU Anambas, Komisioner Bawaslu Anambas, Komisioner KPU Provinsi Kepulauan Riau, Bupati Kepulauan Anambas, Kapolres Anambas, Anggota DPRD Anambas, Lanal Tarempa, Danramil Tarempa, Kemenag, Pimpinan Partai Politik, Tokoh masyarakat dan Kepala OPD serta Tim pemenangan Bakal Calon Bupati/Wakil Bupati.

Juvri Budi selaku Ketua KPU Anambas dalam sambutannya mengatakan, bahwa acara peluncuran Pilkada Anambas Tahun 2020 merupakan awalnya tahapan pilkada tahun 2020 sebagai tanda dimulainya proses tahapan Pilkada pada tanggal 23 September 2020 yang akan kita laksanakan. Terima kasih atas dukungan dan supot pemerintah dan masyarakat pada Pilkada 2019 kita mendapatkan penghargaan
melakukan pesta demokrasi yang baik, aman dan tentram dari KPU Provinsi Kepri Kabupaten Kepulauan Anambas sudah,” ungkap Juvri.

Sementara itu, Komisioner KPU Provinsi Kepri Widiyono Agung, S ST, menjelaskan, Pilkada Tahun 2020 akan berlangsung secara profesional dengan sistem E-rekap dari setiap kecamatan sehingga mencegah kecurangan dan hilangnya suara pemilih,” ucap Agung.

“Dengan adanya E-rekap dalam Pilkada tahun 2020 ini, sesuai arahan KPU Pusat kepada setiap KPU Kabupaten/Kota hingga sampai ketingkat PPS harus  profesional demi tercipta demokrasi adil dan jujur. Sistem E-rekap dapat mempermudah melihat terjadinya penyimpangan suara dan mempercepat proses rekapitulasi hitungan suara setiap TPS.

Misalnya, di kelurahan ada 10 TPS, kemudian dimasukkan ke sistem E-rekap dan ada salah satu TPS yang diprotes dan dipermasalahkan, maka pada TPS tersebut langsung dihentikan sementara tanpa mengganggu rekap pada TPS lainnya,” papar Agung.

Agung mengharapkan pemerintah daerah dapat membantu dan memfasilitasi ketersediaan jaringan internet di setiap kecamatan. Namun jika ada kecamatan yang belum tersentuh jaringan internet maka tetap dihitung secara manual.

Pada kesempatan yang sama  Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris SH, menyampaikan, adanya pesta demokrasi dapat terlaksana dengan baik karena menurutnya pesta demkorasi 2020 ini merupakan gawai dari kita dan untuk kita,” ujar Haris.

Bupati menegaskan kepada KPU Perbanyaklah untuk sosialisasi karena setiap periode setiap tahun pertumbuhan pertumbuhan masyarakat kita tentu juga baik yang datang keluar dan tumbuh dan lain sebagainya semua itu butuh petunjuk dan partisipasi kita semua,’ucap Haris.

“Insyaallah. Kami dari pemerintah daerah sangat memberikan prestasi dan memberikan perhatian khusus kepada para pelaksana kegiatan Pilkada abad ini, kita akan mencari regulasi memasukkan para petugas Pilkada ini mulai dari PPK PPS nya dan juga Panwaslu sampai ke Kecamatan Desa kita akan dimasukkan ke dalam BPJS ketenaga kerjaan supaya kerja teman-teman kita ini akan terlindungi oleh hukum apabila di sana nanti mereka kedapatan bahkan sampai meninggal maka pemerintah akan turun tangan untuk menyantuni dan itu ada dasar hukum kenapa kita tidak bisa lakukan kalau memang itu punya haknya masyarakat dan orang-orang yang bertugas yang sangat mulia di sana,”sebut Haris.

Terakhir kata Haris, ” Bapak Ibu yang saya hormati mungkin itu adalah salah satu dukungan dari pemerintah untuk lebih semangat para petugas petugas ini nanti dalam melaksanakan tugasnya dengan baik dan penuh tanggung jawab

Dipuncak kegiatan KPU dan Instansi terkait dari KPU Provinsi Kepri, Bawaslu, pemerintah daerah dan Polres melakukan peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati dengan menekan tombol sirene sebagai tanda mulainya demokrasi Pilkada 2020 di Anambas.

Kegiatan dilanjutkan hiburan dari artis ibukota Provinsi Kepulauan Riau yaitu Ona Satra dan Yuli LIDA 2018 untuk menghibur para tamu dan masyarakat yang hadir.

Editor: Kadeni

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed