oleh

Diskominfotik Anambas Sebut Bulan April 2020 Khusus Akses Internet Pelayanan BPJS Kesehatan Bisa Digunakan

Kepala Dinas Kominfotik Anambas, Jefrizal.

Anambas (KEPRI)-Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Kepulauan Anambas segera akan menyewa Bandwidth berkecepatan tinggi (30 Mbps Dedicated) guna mengakomodir terkait Keluhan pelayanan BPJS kesehatan RSUD Palmatak di Kabupaten Kepulauan Anambas beberapa waktu lalu.

Hal ini juga diberlakukan untuk RSUD Jemaja di Jalan Padang Melang, Desa Batu Berapit, Kecamatan Jemaja yang saat ini masih mengalami lambatnya akses jaringan internet tersebut juga mendapatkan akses internet Bandwidth berkecepatan tinggi itu.

“Dalam waktu yang tidak lama lagi, diperkirakan akhir Bulan April, tower yang dibangun oleh Moratel di Bukit Bayur dan Batu Berapit di Jemaja akan rampung, dan setelah itu kita akan menyewa bandwidth yang berkecepatan tinggi khusus untuk akses internet pelayanan BPJS Kesehatan,” ucap Jefrizal selaku Kepala Dinas Kominfotik kepada sejumlah awak media, Sabtu (29/02/2020).

Menurutnya, untuk mengantar internet ke wilayah yang sedang mengalami kendala kecepatan akses, tidak dapat dilakukan jika tidak tersedia infrastruktur seperti tower atau fiber optik oleh operator sebagai media penghubungnya, karena sampai kapanpun internet cepat tidak akan bisa sampai disuatu daerah jika tidak ada operator. Dan untuk membangun itu operator tentu butuh waktu penyelesaian pekerjaannya.

“Insyaallah kalau tidak ada halangan seperti cuaca, maka pekerjaan akan siap di akhir Bulan Maret dan Bulan April, kita akan alokasi sewa bandwidth operator untuk kebutuhan RS tersebut, sehingga apa yang menjadi kebutuhan rumah sakit salah satunya kebutuhan jaringan untuk layanan aplikasi BPJS kesehatan akan terpenuhi,” terang Jefrizal.

Lebih lanjut Jefrizal mengatakan, untuk ke depan pihak telkom group akan mengelar kabel optik dalam memperluas jaringan layanan Indi Home di Kecamatan Palmatak dan Kute Siantan. Dan itu akan terealisasi setelah selesai pekerjaan pergelaran kabel optik telkom pada kedua kecamatan tersebut.

“Jika perangkat ini sudah tersedia, maka selain dapat dinikmati oleh masyarakat umum, pihak pemda juga bisa menyewa akses internet untuk kebutuhan Kantor Camat dan Desa,”jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Anambas, Heriyanto.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Anambas, Heriyanto via WhatsApp Sabtu, (29/02) membenarkan selama ini pihak rumah sakit masih menggunakan layanan internet melalui telkomsel. Mengenai keluhan pelayanan lanjut Heriyanto, pihak RSUD juga telah menyurati Diskominfotik untuk menggesa penggunakan akses internet berkecepatan tinggi.

“Selama ini memang tidak ada jaringan internet, pihak RSUD sudah menyurati Kominfo, terkait dengan pelayanan BPJS masih memakai jaringan telkomsel,” ujar Heriyanto.

Editor: Kadeni

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed