oleh

Danwing Udara 1 Puspenerbal Briefing Awal Latihan Penanganan Dampak Wabah Covid-19 Tahun 2020

Komandan Wing Udara 1 Puspenerbal, Kolonel Laut (P) Gering Sapto Sambodo, M.Tr.Hanla., M.M (kiri).

Tanjungpinang (KEPRI)-Unsur pesawat udara merupakan salah satu alutsista TNI AL yang menjadi bagian komponen SSAT dalam pelaksanaan operasi guna mendukung tugas pokok TNI AL pada Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Wing Udara 1 Puspenerbal sebagai salah satu Satuan Operasional di Jajaran Penerbangan TNI AL turut serta terlibat dalam Satuan Gugus Tugas Covid-19 di Provinsi Kepulauan Riau dalam penanganan dan Penanggulangan Penyebaran Covid -19 yang menjadi pandemi saat ini.

Dalam rangka meningkatkan kemampuan Prajurit dan kesiapsiagaan Operasional dalam menjalankan tugas pokok khususnya Operasi Militer Selain Perang (OMSP) pada masa pandemi Covid-19 yang saat ini sedang melanda dunia, Wing Udara 1 Puspenerbal melaksanakan latihan penanganan dampak wabah Covid-19 dengan melibatkan instansi terkait di Provinsi Kepulauan Riau.

Terkait dengan hal tersebut Komandan Wing Udara 1 Puspenerbal, Kolonel Laut (P) Gering Sapto Sambodo, M.Tr.Hanla., M.M., memberikan briefing awal pelaksanaan Latihan Penanganan Dampak Wabah Covid-19 tahun 2020, bertempat di Ruang Rapat Mako Wing Udara 1 Puspenerbal Jalan Nusantara Km 12,5, Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Selasa (09/06).

Pada kesempatan tersebut dalam sambutannya Komandan Wing Udara 1 Puspenerbal, Kolonel Laut (P) Gering Sapto Sambodo, M.Tr.Hanla., M.M, menyampaikan bahwa dengan pelaksanaan latihan ini Prajurit Wing Udara 1 diharapkan dapat meningkatkan kemampuan, keterampilan, kecepatan, ketepatan bertindak dan mampu bekerja sama dengan instansi terkait sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku dalam penanganan dan penanggulangan penyebaran Covid-19 serta mampu melaksanakan Evakuasi Medis Udara (EMU) terhadap pasien Covid-19 dengan menggunakan unsur yang dimiliki, di samping itu latihan bersama dengan satuan TNI/POLRI maupun instansi terkait lainnya dalam rangka menyamakan persepsi maupun visi yang sama dalam sikap dan tindakan di lapangan sehingga kerjasama dan kekompakan dapat tercapai guna menunjang keberhasilan dalam pelaksanaan tugas pokok untuk kedepannya.

Latihan ini berlangsung selama tiga hari dengan melibatkan instansi terkait diantaranya Lanud RHF, Lanudal Tanjungpinang, Rumkital Midiyato S, RSUP Raja Ahmad Tabib, Bandara RHF, BPBD Prov Kepri, LO BNPB Pusat Wilayah Kepri, Air Nav Bandara RHF, Polsek Bandara RHF serta KKP Tanjungpinang. (* )

Editor: 7ringgo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed