oleh

Organisasi P2K2 Mengajak Masyarakat Kute Siantan Untuk Melestarikan Budaya Tradisional

Ketua Organisasi P2K2 Kecamatan Kute Siantan, Andriano S.Pi (kanan), Kepala Bakesbangpol Kepulauan Anambas, Andi Agrial (kiri), Sekcam Kute Siantan, Rais A. Nurdin S.E. (tengah).

Kute Siantan, Anambas (KEPRI)-Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris, SH yang di wakili oleh Kepala Dinas Bakesbangpol Andi Agrial hadir malam apresiasi dan perkenalan organisasi Pemuda Peduli Kampung Kite (P2K2) Kecamatan Kute Siantan di Balai Kesenian Desa Payalaman, Kecamatan Kute Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Sabtu (12/09/202) Malam.

“Tergabung di lima desa wilayah kecamatan Kute Siantan Organisasi P2K2 sebagai wadah bagi pemuda dan masyarakat untuk turut serta dalam pembangunan, bidang sosial, pendidikan, budaya berintegrasi dengan pemerintah,” kata Andriano S.Pi selaku Ketua Organisasi P2K2 Kecamatan Kute Siantan Sabtu (12/9) malam.

“Pemuda Peduli Kampong Kite (P2K2) dari awal di SK kan oleh kepala desa Payalaman dalam membantu pemerintah desa sebagai tim penyaluran sembako Copid-19 akhirnya ide, gagasan dari teman teman kita coba menggalang dana dari donatur khususnya masyarakat Desa Payalaman dan pihak perusahaan untuk membantu janda kurang mampu dan anak yatim piatu. Dari kegiatan yang kami himpun akhirnya kami di percaya oleh pihak kecamatan menjadi promotor di bidang perlombaan kegiatan tradisional pada 17 Agustus 2020 lalu serta kegiatan pada 1 Muharam yang terlaksana di Masjid Jami Nurul Huda Desa Payalaman,” ucap Andriano.

Andriano juga menjelaskan tentang permainan tradisional yang hampir punah dan kami bersama pemerintah kecamatan ingin mengangkat kembali, oleh akibat pertumbuhan zaman ini gadget sangat menghantui adik adik kita bahkan kouta internet menjadi momok bagi orang tua “Nah kita mencoba berkerja sama dengan pihak kecamatan agar permainan tradisional menjadi program tahunan untuk menumbuh kembangkan kembali kelestarian tradisional ini khususnya di kecamatan Kute Siantan umumnya di Kabupaten kepulauan Anambas,” tambahnya.

Senada dengan hal tersebut, Ahmuhardi selaku sekretaris P2K2 dalam pemaparan menyampaikan, insyaallah pertama kita bergerak bidang edukasi (pendidikan dan ekonomi keriatif kewirausahawan di tingkat masyarakat desa), kedua program pelatihan (meningkatkan skill/ketrampilan perkebunan dan perikanan), ketiga misi kemanusiaan dan terakhir pembinaan dan banyak lagi edukasi yang akan kita sampaikan di tengah masyarakat,” paparnya.

Sekcam Kute Siantan, Rais A. Nurdin S.E.

Di tempat yang sama, Rais A. Nurdin S.E selaku Sekcam Kute Siantan mewakili Camat Kute Raja Almizan, S. Sos mengatakan apresiasi kepada P2K2 yang diawaki oleh Andriano bersama teman – teman menunjukkan eksistensi mereka bersinergi dengan Pemerintah Kecamatan Kute Siantan,”sebutnya.

“Atas nama Pemerintah Kecamatan Kute Siantan sangat berterima kasih, mengapresiasi atas kinerja anak muda yang kreatif, inovatif dan bertalenta berharap agar senantiasa bisa berkolaborasi, bersinergi untuk masa yang akan datang amin,” harapnya.

Kepala Bakesbangpol Kepulauan Anambas, Andi Agrial.

Andi Agrial selaku Kepala Bakesbangpol Kepulauan Anambas mewakili Bupati Abdul Haris, SH, Apa yang di paparkan oleh P2K2 tadi bupati dan pemerintah daerah mengapresiasi kepada seluruh pemuda Kecamatan Kute Siantan terutama di dalam hal yang positif ini dan sangat mendukung sekali apapun yang dilaksanakan oleh pemuda,” ucapnya.

Kami pemerintah daerah salut kepada kecamatan Kute Siantan yang baru berusia delapan bulan tapi kwalitas kegiatan pemerintahan berjalan cukup baik, seperti tim gugus tugas sangat efektif dalam melakukan update penaganan virus covid-19 selaku ketua tim gugus tugas di kecamatan ini.

Begitu juga kepada P2K2 ini juga kita salut Dangan program program yang akan di buat seperti budaya dari kerjasama yang baik dan saling peduli untuk kecamatannya sendiri maka semuanya berjalan dengan baik.

Di kecamatan Kute siantan kita juga punya dua anggota dewan berbuatlah apa yang mau diperbuat pasti nanti didukung oleh pak dewan tinggal keberanian saja untuk kita berbuat.

Dengan pemuda ini yang dapat mengerakkan kampung tanpa pemuda Kecamatan tidak akan jalan maka buatlah edukasi seperti program belajar, mengaji dan lain sebagainya tentu program seperti itu pemerintah kecamatan maupun kabupaten tidak akan membiarkan.

Insyaallah jika Kute Siantan ini mengangkat seni budaya pasti para wisatawan akan datang tentu pertumbuhan ekonomi menjadi meningkat dan bejalan dengan baik, walaupun umur kecamatan masih muda namun cara berfikir pemudanya luar biasa hingga sejajar dengan kecamatan lainnya,”sebutnya.

Terakhir ia menghimbau kepada pemuda dan masyarakat Kecamatan Kute Siantan tidak lama lagi kita akan laksanakan pesta demokrasi dapat andil dalam mensukseskan Pilkada 2020 dengan baik tahapan tahapan sedang berlangsung maka mari kita ciptakan demokrasi Pilkada di Kebupaten Kepulauan Anambas dengan tertib, tenang, aman dan damai agar berjalan lancar,” imbuhnya.

Editor: Kaden

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed