oleh

Sanggar Seni Sunda Paraguna Kota Tanjungpinang Diresmikan

Pengurus Sanggar Seni Sunda Paraguna Kota Tanjungpinang.

Tanjungpinang (KEPRI)-Ketua Paguyuban Pasundan Kota Tanjungpinang Kang Saiful Mukkarom, melantik atau ‘ngistrenan’ Pengurus Sanggar Seni Sunda Paraguna Kota Tanjungpinang di Sekretariat Paguyuban Pasundan Jl. Raja Haji Fisabilillah Bt. 8 Atas Komplek Ruko Pinang Mas Residence Blok A. No. 32 Kota Tanjungpinang, Minggu (20/9).

Acara peresmian Ini diawali dengan Pembukaan, Doa, Sambutan Ketua Paguyuban Pasundan Kota Tanjungpinang, Penyerahan Akte Pendirian, Penyerahan Pataka Sanggar Seni, Sambutan Kepala BPNB Kepri, pemotongan tumpeng dilanjutkan ramah tamah sebagai acara penutup.

Di Ketahui Sanggar Seni Sunda Paraguna ini dipimpin oleh Kang Uus Kusdinar selaku Ketua Umum.

Sanggar memiliki sumber daya seni yang cukup banyak seperti: Rampak Sekar, Calung, Jaipongan, Angklung, Degung, Sisingaan dan paling apik adalah adanya Upacara Adat Sunda dikemas dalam sebuah Acara Tradisi Penyambutan Khas Sunda.

Ketua Paguyuban Pasundan Kota Tanjungpinang, Kang Saiful Mukkarom menyampaikan, bahwa saat ini telah resmi berdiri Sanggar Seni Sunda di Kota Tanjungpinang, yakni “PARAGUNA”, berdasarkan Keputusan Menteri Hukum Dan HAM RI Nomor: AHU-0007642.AH.01.07.Tahun 2020 tanggal 11 September 2020. Sanggar seni ini nantinya akan berkonsentrasi pada upaya pelestarian Nilai Budaya Sunda di Tanjungpinang dimana pelaku seninya adalah orang orang Sunda yang ada di Kota Tanjungpinang.

Nama Sanggar Seni Sunda Paraguna Kota Tanjungpinang langsung disematkan oleh Toto Sucipto yang sehari-harinya menjabat sebagai Kepala BPNB Provinsi Kepri (Balai Pelestarian Nilai Budaya). Paraguna (bahasa Sunda Kuno) berarti Ahli Seni.

“Sebagai wadah yang melestarikan kesenian beserta nilai budaya yang terkandung didalamnya, dalam logo sanggar dilambangkan dengan alat seni Angklung, Seruling bambu, selendang tari dan Padi. Kelima Unsur dalam lambang sanggar tersebut memiliki arti sangat Istimewa,” ungkap Toto Sucipto.

Di tempat terpisah, Mayor Laut (T) Arief Gunawan selaku Wakil Ketua Paguyuban Pasundan Kota Tanjungpinang memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Ketua Sanggar Paraguna beserta Pengurus dan Warga Sunda di Tanjungpinang,telah peduli dan meluangkan waktu untuk ikut melestarikan Nilai Budaya Indonesia khususnya Sunda,” ucap Mayor Laut (T) Arief Gunawan kepada awak media melalui sambungan WhatsApp, Minggu (20/9) malam.

Terakhir kata Mayor Laut (T) Arief Gunawan Semoga dengan berdirinya sanggar ini, Paguyuban Pasundan Kota Tpi menjadi lebih eksis. (Humas Paguyugan Pasundan Kota Tpi).

Editor: Kadeni