oleh

Genjot Ekspor Perikanan, Bea Cukai Kepri Dorong Adanya Pusat Logistik Berikat Apung di Natuna

BC Kepri saat audensi bersama Pemerintah Daerah Natuna dan Pengusaha.

Tanjung Balai Karimun (KEPRI)-Bea Cukai Kepulauan Riau melakukan audiensi bersama Pemerintah Daerah dan pengusaha di wilayah Natuna, kegiatan ini dilakukan untuk menggenjot ekspor komoditas perikanan yang memiliki potensi besar di Kepulauan Riau, Kamis (19/11) kemarin.

Kepala KPPBC TMP B Tanjungpinang, Muhammad Syahirul Alim, menyebutkan bahwa komoditas perikanan merupakan salah satu sektor yang memiliki potensi ekspor terbesar, “komoditas perikanan yang ada di Natuna begitu melimpah, hal ini semestinya harus kita
syukuri dan berupaya keras untuk dapat memberi nilai tambah bagi pertumbuhan ekonomi di Kepulauan Riau,” kata Alim kepada awak media ini melalui rilis tertulis, Sabtu (21/11).

Ia menambahkan di masa pandemi ini ada sedikit penurunan ekspor, “dalam dua bulan terakhir ini ada penurunan ekspor ikan, namun penurunan ini semestinya kita lawan dengan terus meningkatkan produksi perikanan tangkap yang berorientasi ekspor sebagai upaya untuk mendukung pemerintah dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN),” ungkap Alim.

Pemkab Natuna menyatakan bahwa produk perikanan wilayah Natuna dapat ditingkatkan dengan sinergi yang lebih antara setiap pemangku kepentingan.

Di samping itu perlunya
aset atau alat produksi yang lebih baik daripada kebanyakan yang dimiliki nelayan tradisional pada saat ini, yaitu kapal dengan ukuran 5GT.

Ditambah lagi, perlunya
sosialisasi kepada masyarakat terkait keuntungan yang dapat diperoleh masyarakat dengan berusaha atau menjadi anak buah di kapal yang lebih besar,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut tampak hadir Pudji Seswanto selaku Kepala Seksi Pabean dan Cukai Kanwil DJBC Khusus Kepulauan Riau menawarkan adanya konsep Pusat Logistik Berikat (PLB) Apung di Natuna. “Kita mendorong agar nantinya akan ada PLB Apung di Natuna, sehingga supply bahan baku seperti es, BBM, serta kebutuhan logistik dapat terjaga sehingga hal tersebut dapat mendukung operasi perikanan agar lebih optimal,” ungkap pudji.

Seperti yang diketahui Bea Cukai Kepri telah membentuk Tim Task Force Percepatan PEN yang didedikasikan untuk terus melakukan upaya mempermudah dan memfasilitasi para
pelaku usaha untuk melakukan ekspor.

“Kita akan mendorong dan memberikan dukungan penuh kepada pelaku usaha ekspor terkait prosedur ekspor, pengurangan biaya produksi dan logistik (supply chain bahan baku, pertumbuhan tenaga kerja, dan efesiensi cost logistic), pengembangan produk (diversifikasi produk), dan pemanfaatan fasilitas
kepabeanan sehingga ekspor komoditas perikanan yang kita dimiliki dapat lebih memiliki daya saing di pasar internasional,” pungkas Pudji. (* )

Editor: 7ringgo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed