oleh

Kementerian Pariwisata RI Menggelar Bimtek CHSE di Kepulauan Anambas

Tarempa, Anambas (KEPRI)-Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Kepulauan Anambas menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Cleanlines, Health, Safety and Enviromental Sustainability (CHSE), Sabtu (12/12/2020).

Kegiatan Bimtek CHSE terlaksana di 3 lokasi yakni Tarempa Kecamatan Siantan (Hotel Tarempa Beach), Aula serbaguna Desa Tebang Kecamatan Palmatak, dan Aula Desa Batu Berapit Kecamatan Jemaja, kegiatan ini serentak dan berbeda-beda pemateri, kegiatan tersebut nantinya akan dilaksanakan selama 2 hari kedepan.

Dr. Masykur, ST.MM Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kepulauan Anambas dalam penyampaiannya bahwa tujuan dari Bimtek ini agar Destinasi wisata di Anambas menjadi wilayah garda terdepan dalam penerapan protokol kesehatan yang berpedoman kepada CHSE, dimana program CHSE merupakan salah satu strategis untuk menghadapi masa adaptasi kebiasaan baru (AKB) di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

CHSE nantinya akan berfungsi sebagai jaminan kepada wisatawan dan masyarakat bahwa produk dan pelayanan yang diberikan sudah memenuhi protokol kebersihan, kesehatan, keselamatan dan kelestarian lingkungan.

“Saat pandemi seperti ini, CHSE menjadi pedoman wisatawan untuk menentukan destinasi wisata yang akan ditujunya. Pandemi Covid-19 membuat orientasi wisatawan ke Anambas dalam melakukan perjalanan mengalami perubahan dan penurunan drastis,” terang Dr. Masykur, ST.MM.

CHSE dibuat berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan tentang Protokol Kesehatan di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Tujuannya, untuk meningkatkan upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 bagi masyarakat di tempat dan fasilitas umum dalam rangka mencegah terjadinya episenter atau kluster baru selama masa pandemi.

Ruang lingkup penerapan CHSE di antaranya mengedepankan syarat kebersihan, kesehatan, keselamatan dan ramah lingkungan. Aspek kebersihan mewajibkan pelaku pariwisata memperhatikan fasilitas penyediaan sarana cuci tangan pakai sabun, pembersihan ruang dan barang publik dengan disinfektan/cairan pembersih lain yang aman.

“Sedangkan untuk aspek kesehatan menghindari kontak fisik, pengaturan jarak aman, mencegah kerumunan, pemeriksaan suhu tubuh, memakai APD yang diperlukan, pengelolaan makanan dan minuman yang bersih dan higienis, peralatan dan perlengkapan kesehatan sederhana, ruang publik dan ruang kerja dengan sirkulasi udara yang baik dan penanganan bagi pengunjung dengan gangguan kesehatan ketika beraktivitas di lokasi,” ungkapnya.

Sedangkan ramah lingkungan mewajibkan penggunaan perlengkapan dan bahan ramah lingkungan, pemanfaatan air dan sumber energi secara efisien, sehat demi menjaga keseimbangan ekosistem, pengolahan sampah.

Di tempat yang sama, Asad Farag Tim peneliti pusat dan pengembangan  dan perencanaan kepariwisataan (P-P2 Par) dalam penyampaianya mengatakan, bahwa, usaha kita baik di bidang apapun terutama kepariwisataan  harus siap dalam menghadapi masa Pandemi Covid-19 yang seperti saat ini sedang di laksanakan

Sementara itu Bupati Kepulauan Anambas yang di wakili oleh Sekda Anambas, Sahtiar, SH MM  dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan Bimtek CHSE ini merupakan kegiatan yang sangat positif dan bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat di masa Pandemi Covid-19 dalam hal Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

“Selamat datang ke Anambas, saya sampaikan kepada Narasumber dari Kemenpar RI yang menjadi Pemateri dalam kegiatan Bimtek CHSE, semoga bermanfaat dan bisa menjalankan kegiatan dengan baik dan lancar, sehingga penetapan protokol kesehatan berbasis CHSE berjalan dengan baik di Kabupaten Kepulauan Anambas, kepada peserta Bimtek CHSE saya ucapkan selamat mengikuti kegiatan ini,” ucapnya.

Pantauan awak medka ini Kegiatan Bimtek CHSE resmi di buka oleh Sahtiar, SH MM Sekda Anambas yang mewakili Bupati Kepulauan Anambas acara berlangsung di Aula Hotel Tarempa Beach jelan Imam Bonjol Kelurahan Tarempa Kecamatan Siantan Kepulauan Anambas.

Editor: Kadeni

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed