oleh

Komnas Perlindungan Anak Desak Polsek Medan Kota Untuk Menerima Pengaduan Orangtua Korban Kejahatan Seksual

Arist Merdeka Sirait Ketua Umum Komnas Perlindungan Anak Saat Wawancara Dengan Sejumlah Awak Media.

“Penolakan Polsek Medan Kota merendahkan martabat korban”

Jakarta-Kasus kejahatan seksual terhadap anak adalah tindak pidana luar biasa. Oleh sebab itu segala bentuk kejahatan seksual terhadap anak tidak bisa ditoleransi dan harus ditangani segera, cepat dan luar biasa.

Penolakan Polsek Medan Kota atas pengaduan ayah korban HS, merupakan pelecehan terhadap martabat anak.

Untuk diketahui, berdasarkan UU RI Nomor: 17 Tahun 2016 tentang penerapan Perpu nomor: 01 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas Undang-undang Nomor: 23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak, kejahatan seksual merupakan tindak pidana luar biasa.

Oleh karenanya penolakan Polsek Medan Kota atas kasus ini merupakan gagal paham terhadap penerapan UU RI Nomor: 17 Tahun 2016.

“Padahal Polsek Medan Kota sebagai Polisi tahu persis bahwa ancaman pidananya lebih dari 10 tahun, oleh sebab itu tak pantaslah kasus ini ditolak dan disarankan untuk dimediasi dan damai”, demikian disampaikan Arist Merdeka Sirait Ketua Umum Komnas Perlindungan Anak kepada sejumlah media di Jakarta, Jumat 15/10/2021 saat dimintai pendapatnya tentang kasus ini.

Demi kepentingan terbaik anak dan keadilan hukum bagi korban, Komnas Perlindungan Anak mendesak Polsek Medan Kota agar menerima Laporan Korban, kemudian menyerahkan perkaranya kepada Polrestabes Medan dan segera menangkap dan menahan pelaku,” desaknya (Art)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed