oleh

Generasi Baru Indonesia Komisariat Universitas Maritim Raja Ali Haji Membuka Lapak Baca GenBI di Tanjungpinang

Pengurus dan Anggota GenBI berfoto dengan anak-anak pembaca.

“Pendidikan Dalam Cawan Literasi Menuju Masyarakat Madani”

Tanjungpinang (KEPRI)-Pendidikan merupakan ujung tombak bagi kemajuan peradaban suatu bangsa, dimana dalam proses pelaksanaannya tentulah tak lepas dari kegiatan yang meningkatkan minat literasi masyarakat.

Sejalan dengan hal itu, pada hari Sabtu-Minggu, 29-30 Januari 2022, Generasi Baru Indonesia (GenBI) Komisariat Universitas Maritim Raja Ali Haji, melaksanakan kegiatan Lapak Baca GenBI dengan mengusung tema “Pendidikan Dalam Cawan Literasi Menuju Masyarakat Madani”.

Tujuan utama dilaksanakannya kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan minat literasi masyarakat umum khususnya anak-anak Kota Tanjungpinang, juga sebagai bentuk implementasi salah satu fungsi GenBI yaitu sebagai Agent of Change yang mampu membawa perubahan terhadap pembangunan peradaban menuju masyarakat yang madani.

Kegiatan ini dilaksanakan di Taman Batu 10 yang merupakan pusat keramaian dan taman bermain bagi anak-anak Kota Tanjungpinang terutama pada sore hari.

Lebih dari lima puluh anak-anak berkunjung untuk membaca dan mewarnai pada hari pertama kegiatan ini dilaksanakan. Tak hanya anak-anak, orangtua pun banyak yang ikut membaca sembari menunggu anaknya selesai mewarnai.

Divisi Pendidikan GenBI Kepri Komisariat UMRAH, selaku penyelenggara juga menyediakan masker dan hand sanitizer sebagai bentuk proteksi dan antisipasi terhadap persebaran virus corona, mengingat saat ini masih dalam keadaan pandemi sehingga protokol kesehatan tetap harus diterapkan.

Anak-anak dan orangtua yang berkunjung sangat antusias dengan adanya kegiatan ini, karena bisa mengisi waktu senggang di sore hari dengan kegiatan yang positif seperti membaca buku dan mewarnai secara gratis.

Ditambah, ketika anak-anak telah selesai membaca dan mewarnai, kakak-kakak panitia akan memberikan snack sebagai bentuk apresiasi karena sudah ikut berpartisipasi.

Ketua pelaksana kegiatan ini, Amartya Angela, berharap semoga dengan adanya kegiatan Lapak Baca GenBI bisa meningkatkan minat literasi dan kreatifitas anak-anak Kota Tanjungpinang yang sudah hampir pudar di era teknologi digital seperti saat ini,” ucapnya kepada awak media Minggu (30/1/2022).

Dengan beragam kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari ini, semoga dapat bermanfaat dan menghibur para pengunjung sehingga menjadikan Lapak Baca GenBI sebagai salah satu media pengembangan minat baca dan kreatifitas anak,” ungkapnya. (Red/derlina)