oleh

Prajurit dan PNS Lanudal Tanjungpinang Laksanakan Samapta

Komandan Lanudal Tanjungpinang, Letkol Laut (P) Rivai A.Md.Pi., SH., M.H (kiri) memantau personel tes kesemaptaan.

Tanjungpinang (KEPRI)-Seluruh personel Lanudal Tanjungpinang melaksanakan tes kesemaptaan jasmani semester I tahun 2022. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengukur sejauh mana kemampuan pembinaan individu setiap personel didalam menjaga kondisi fisik selama ini, pelaksanaan tes kesemaptaan dilaksanakan dimako Wing udara 1 Tanjungpinang, Selasa (22/3/2022).

Test samapta ini dilaksanakan setiap 6 bulan sekali dalam semester, bertujuan untuk mengetahui secara umum tingkat kemampuan fisik personel dan hasil test digunakan sebagai bahan laporan semester sehingga tes semapta ini mutlak dilaksanakan oleh seluruh personel setiap enam bulan sekali serta untuk penilaiannya disesuaikan dengan usia setiap individu.

Kegiatan tersebut diawasi langsung oleh Komandan Lanudal Tanjungpinang, Letkol Laut (P) Rivai A.Md.Pi., SH., M.H didampingi palaksa Letkol Laut (P) M. Zuhri menyampaikan “Kegiatan  Tes Samapta bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kondisi serta kebugaran fisik prajurit Lanudal Tanjungpinang guna menunjang pelaksanaan tugas pokok TNI Angkatan Laut , kemudian hasil tes tersebut akan kita laporkan ke Komando atas.

Danlanudal berpesan, laksanakan tes kesamaptaan jasmani dengan penuh rasa tanggung jawab, serius, semangat dan gembira namun tetap memperhatikan faktor kesehatan dan keselamatan diri pribadi masing-masing personel.

Jika dalam pelaksanaan tes ada  kendala segera berhenti dan tidak dipaksakan karena kesehatan dan keselamatan adalah nomor satu,” ujarnya.

Pelaksanaan tes kesemaptaan jasmani ini, dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB yang dipimpin oleh  Kepala subseksi administrasi dan personil (Kasubsiminpers) Lanudal Tanjungpinang Kapten Laut (E) Dhany.

Sebelum pelaksanaan kegiatan kesamaptaan dimulai, seluruh personel terlebih dahulu dicek kesehatannya berupa cek tensi dan nadi  oleh tim kesehatan dari Balai pengobatan Pangkalan udara Angkatan Laut Tanjungpinang guna menimalisir dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pada saat Tes Samapta.

Kagiatan Samapta yang dilaksanakan meliputi Samapta A dan B, yakni lari 12 menit  sedangkan tes kesegaran B meliputi Pull Up, Sit Up, Push Up selama 1 menit serta Shuttle Run.

Pgs Pasops Lanudal Tanjungpinang Kapten Laut (P) S. A Sitorus (kanan)

Ditempat yang sama, Pgs Pasops Lanudal Tanjungpinang, Kapten Laut (P) S. A Sitorus juga menekankan kepada para peserta Samapta bahwa, “Kesamaptaan jasmani ini dilaksanakan setiap 6 bulan sekali, lakukan yang terbaik walaupun pandemi virus covid-19 belum selesai, semoga dengan tubuh yang sehat dapat menigkatkan imunitas dan kita semua dapat terhindar dari wabah virus covid-19”, tegas beliau. (Rd/*)