oleh

Lanudal Tanjungpinang Laksanakan Sosialisasi Rekrutmen Prajurit TNI AL

Komandan Lanudal Tanjungpinang Kolonel Laut (P) Rivai A.Md.Pi., SH., M.H., (dua dari kiri).

Batam (KEPRI)-Dalam rangka upaya mendapatkan bibit unggul dalam rekrutmen prajurit TNI AL jajaran Puspenerbal dalam hal ini Pangkalan udara TNI Angkatan Laut (Lanudal Tanjungpinang) memberikan sosialisasi rekruitment kepada siswa SMK Penerbangan Nasional Batam bertempat di Jalan Komplek Pendidikan dan Wisata Maritim no 1, kelurahan Tanjung Buntung, kecamatan Bengkong, Kota Batam, Kepri, Rabu (13/4/2022).

Kegiatan sosialisasi yang dihadiri 50 siswa tingkat 1 dan 3 tersebut
bertujuan untuk menarik minat para siswa yang memiliki kualitas unggul, berprestasi dan berdedikasi untuk bergabung dengan TNI AL.

Komandan Lanudal Tanjungpinang Kolonel Laut (P) Rivai A.Md.Pi., SH., M.H yang didampingi beberapa perwira stafnya menjelaskan dan menyosialisasikan secara langsung
mulai dari waktu pendaftaran, persyaratan dan mekanisme seleksi
hingga gambaran selama mengikuti proses pendidikan di Basis Puslatdiksarmil TNI Angkatan Laut yang memiliki 3 Satdik (Satuan pendidikan) dimana Satdik 1 saat ini berada di Tanjungg Uban Provinsi Kepulauan Riau
“Ada 3 kriteria yang wajib dipersiapkan para pendaftar diantaranya administrasi, pembinaan jasmani serta kesehatan.

Harapannya agar lulusan SMK Penerbangan Nasional Batam lulus persyaratan sesuai dengan kriteria tersebut, pungkasnya.

Sosialisasi tersebut disampaikan menjelang semester kedua tahun ajaran siswa sekolah, sehingga pihak Lanudal Tanjungpinang sejak dini memandang perlu mengadakan sosialisasi rekrutment agar para siswa segera mempersiapkan diri.

Lebih lanjut Komandan Lanudal menyampaikan bahwa semua lulusan Sekolah Menengah Atas diberikan kesempatan yang sama untuk mendaftar dan menjadi bagian dari TNI AL.

Namun terkadang masih banyak para pendaftar yang belum mengetahui kriteria persyaratan yang dibutuhkan. Untuk itu kami dari pihak Lanudal Tanjungpinang ingin memberikan penjelasan agar para siswa lebih dini mendapatkan gambaran mendaftarkan diri menjadi prajurit TNI khusunya TNI Angkatan Laut.

Saat pelaksanaan sosialisasi para siswa dan siswi sangat antusias menyimak paparan serta penjelasan yang di lakukan oleh pihak Lanudal Tanjungpinang dalam hal ini Kolonel Rivai, antusiasme para siswa terlihat dengan pertanyaan, keseriusan dalam menyimak serta rasa ingin tahu para pelajar serta ketertarikan 13 orang siswa yang mengutarakan langsung sangat berminat untuk bergabung dengan TNI Angkatan laut

Bagi para siswa SMK Penerbangan Nasional Batam pengetahuan tentang TNI AL sudah sangat familiar ini di sebabkan TNI Angkatan Laut melalui Lanudal Tanjungpinang masih ada kerjasama dalam proses pembinaan kegiatan belajar mengajar yaitu praktik kerja industri yang selalu dilaksanakan di Lanudal Tanjungpinang dalam beberapa tahun ini.

Ibu Ikel Wahyuni, S.Pd selaku Kepala Sekolah SMK Penerbangan mengucapkan terima ksih serta memberikan apresiasi positif pada pihak Lanudal Tanjungpinang karna kegiatan tersebut telah memberikan gambaran dan motifasi bagi siswa SMK Penerbangan Nasional Batam.

Pihaknya akan menjaring anak didiknya yang berminat mendaftar prajurit TNI AL untuk diberikan pemahaman dan arahan lebih lanjut, apabila usai lulus telah siap lebih dini,” ujarnya. (Red/*)