oleh

Lanudal dan Wingudara 1 Tanjungpinang Salat Id Bersama

Komandan Lanudal Tanjungpinang, Kolonel Laut (P) Rivai A.Md.Pi., SH., M.H (paling depan kiri batik warna kecoklatan) bersama Bpk Ustad A.Fauzi Armandarus (tengah), Komandan Wingudara 1 Tanjungpinang Kolonel Laut (P) Dani Achnisundani, S.H., M. Tr.Hanla.,M. M (kemeja putih)

Tanjungpinang (KEPRI)-Pangkalan udara TNI Angkatan Laut (Lanudal) dan Wingudara 1 Tanjungpinang melaksanakan Sallat Id pada Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah di Apron dan Hanggar Satharpesud mako Lanudal Tanjungpinang, Senin (2/5/2022). Salat Id dilaksanakan dengan tetap mengedapankan protokol kesehatan pencegahan virus covid-19.

Komandan Lanudal Tanjungpinang Kolonel Laut (P) Rivai A.Md.Pi., SH., M.H menyampaikan bahwa Idul Fitri adalah hari istimewa yang didalamnya terkandung dua peristiwa penting yaitu nilai spiritual dan sosial, secara spiritual Idul Fitri dapat diartikan sebagai momen kemenangan bagi umat Islam setelah melaksanakan ibadah puasa sebulan penuh, menahan lapar dan dahaga sepanjang hari dan tidak melakukan tindakan-tindakan yang membatalkan puasa.

Sedangkan pengertian sosial, dimana sebelum melaksanakan Salat Idul Fitri seluruh umat Islam diperintahkan untuk membayar zakat fitrah yang artinya untuk menyucikan pribadi dan hartanya, agar menjadikan kita manusia yang paripurna di mata Allah SWT, sedangkan zakat fitrah tersebut diberikan kepada yang berhak menerimanya seperti kaum fakir dan miskin,” ucap Danlanudal Kolonel Laut (P) Rivai.

“Dalam kehidupan bermasyarakat sangat membutuhkan pribadi yang taat terhadap nilai-nilai agama dan patuh terhadap aturan-aturan dan hukum yang berlaku, pada hari yang bahagia ini hendaknya dapat dijadikan sarana perbaikan karakter manusia yang dapat berkontribusi positif bagi pembangunan bangsa dan Negara,” ujarnya.

Ditempat yang sama
Komandan Wingudara 1 Tanjungpinang Kolonel Laut (P) Dani Achnisundani, S.H., M. Tr.Hanla.,M. M.,menyampaikan melalui Puasa Ramadan diharapkan para personel kian bertaqwa guna mendukung pelaksanaan tugas-tugas ke depan secara lebih baik. “Sehingga perayaan Idul Fitri membawa dampak aktualisasi nilai-nilai puasa ramadan dan Idul Fitri 1443 H Mewujudkan TNI yang Kuat, Solid, Profesional dan Dicintai Rakyat,” tegas Danwing 1.

Sementara itu, dalam khotbahnya Bpk Ustad A.Fauzi Armandarus menyebutkan 1 Syawal merupakan hari kemenangan bagi orang-orang beriman karena pertama diampuni dosa-dosanya dan kedua dikabulkannya doa-doanya, dihari Fitrah hari yang berbahagia ini marilah kita saling memaafkan, dengan ibadah Ramadhan kita kepada Allah SWT, Insya Allah diampuni segala dosa-dosa kita, tidak hanya dosa kita kepada Allah SWT, tetapi juga kepada sesama manusia.

Ditambahkan dalam dinas, masyarakat dan keluarga apabila aktifitas umat manusia dilandasi dengan iman dan taqwa setidaknya akan memunculkan lima hal utama yaitu pertama, saling mengenal satu sama lain, kedua saling sadar satu sama lain, ketiga saling memahami satu sama lain, keempat saling memaafkan satu sama lain dan kelima saling mencintai satu sama lain,” ungkapnya.

Usai salat id dalam cuaca yang mendung, umat muslim Prajurit, PNS dan warga Komplek Lanudal dan Wingudara 1 Tanjungpinang dihari yang sama melaksanakan halal bihalal di Gedung VIP mako Lanudal Tanjungpinang yang dihadiri Komandan Lanudal Tanjungpinang beserta Ibu Ny.Idawaty Rivai, Komandan Wingudara 1 Tanjungpinang Beserta Ibu Ny. Hardiyany Achnisundani. (Rd/Pen)