oleh

Danlanudal Tanjungpinang Pimpin Upacara Hari Kebangkitan Nasional Ke-114

Komandan Lanudal Tanjungpinang Kolonel Laut (P) Rivai.

Tanjungpinang (KEPRI)-Upacara Bendera dalam rangka peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-114 Tahun 2022 dengan tema “Ayo bangkit bersama”, terselenggara di Lapangan apel mako Wing udara 1 Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Jumat (20/5/2022).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Komandan Lanudal Tanjungpinang Kolonel Laut (P) Rivai dengan Komandan Upacara Pjs. Pasops Tanjungpinang Mayor Laut (P) S.A Sitorus dan diikuti oleh seluruh peserta upacara para Perwira, Bintara, Tamtama PNS Lanudal dan Wing udara 1 Tanjungpinang.

Komandan Upacara Pjs. Pasops Tanjungpinang Mayor Laut (P) S.A Sitorus.

Dalam sambutan tertulis Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Menkominfo RI) Johnny G Plate yang dibacakan oleh Komandan Lanudal Tanjungpinang Kolonel Laut (P) Rivai menyampaikan bahwa, Bangsa Indonesia kembali untuk memperingati hari dimana pernah terjadi sebuah peristiwa yang amat luar biasa maknanya. Karena pada hari itu, menjadi awal kebangkitan rasa Nasionalisme dari para pahlawan bangsa, sehingga mampu menggetarkan kekuatan penjajah dan merebut kemerdekaan.

Maka dari itu, sudah menjadi kewajiban seluruh komponen bangsa Indonesia secara konsisten untuk menjaga, melindungi dan memelihara tegaknya NKRI dari gangguan apapun, baik dari dalam maupun dari luar dengan cara menerapkan prinsip dan nilai-nilai Nasionalisme dalam kehidupan sehari-hari.

Dimana selayaknya kita mengambil inspirasi dari Sumpah Palapa yang ditemukan pada Kitab Pararaton yang merupakan embrio paling kuat bagi janin Persatuan Indonesia yang telah disatukan oleh Gajah Mada sehingga menjadi acuan bagi perjuangan berat para pahlawan Nasional kita untuk mengikat wilayah Indonesia seperti yang terwujud dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia saat ini.

Sesaat setelah rangkaian upacara Danlanudal menyampaikan rasa bangga dan hormatnya untuk setiap prajurit yang berhasil melaksanakan tugas dan membantu mengatasi kesulitan masyarakat di sekelilingnya,” ungkap Danlanudal.

Bulan Mei ini adalah bulan yang bersejarah, karena pada tanggal 20 Mei kita memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang menjadi pengingat akan tumbuhnya semangat bangsa Indonesia. Menjadi titik awal dari semakin bangkitnya rasa nasionalisme dan cinta akan Indonesia.

Jadikan momen ini, sebagai penambah semangat kita dalam menjalankan  berbagai  tugas   yang diamanahkan oleh negara, diantaranya dalam melakukan pengamanan perbatasan, penanggulangan bencana alam, termasuk penanganan pandemi Covid-19, dan tugas-tugas perbantuan lainnya.

Pencapaian keberhasilan tugas yang selama kita raih, harus dapat kita pertahankan dan tingkatkan, karena ke depan, berbagai agenda yang bersifat nasional maupun internasional juga menuntut kesiapan TNI AL.

Untuk menyambut tugas mulia tersebut, maka terus pelihara kesiapan operasional serta optimalkan program-program peningkatan profesionalisme prajurit. (Rd/Pen)