oleh

Sempena HUT Penerbangan TNI AL Ke-66, Lanudal Tanjungpinang Menanam Seribu Pohon

Komandan Lanudal Tanjungpinang, Kolonel Laut (P) Rivai.

Tanjungpinang (KEPRI)-Menyambut Hari Penerbangan TNI Angkatan Laut ke-66 yang diperingati setiap tanggal 17 Juni, Pangkalan udara TNI AL (Lanudal Tanjungpinang) Jajaran Puspenerbal menggelar berbagai kegiatan, salah satunya aksi kepedulian terhadap lingkungan dengan cara  menanam seribu pohon yang dilaksanakan di sekitar area hutan Lindung sungai Pulai kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Selasa (14/6/2022).

Pelaksanaan penanaman seribu pohon dalam rangka menyambut Hari Penerbangan TNI AL yang akan diperingati pada tanggal 17 Juni yang akan datang ini, merupakan kelanjutan dari program nasional tentang penanaman sejuta pohon dan mendukung pemerintah daerah dalam gerakan pelestarian lingkungan hidup sekaligus untuk memperkenalkan Penerbangan TNI AL kepada masyarakat awam.

Gerakan penghijauan di lingkungan Lanudal Tanjungpinang merupakan realisasi program penanaman 1 miliar pohon yang beberapa waktu lalu telah dicanangkan pemerintah,terdapat sekitar 1.050 bibit pohon tanaman keras yang ditanam di Hutan Lindung Sungai Pulai meliputi Rambutan, Durian, Mangga dan Matoa penanaman secara simbolis diawali oleh Wakil walikota Tanjungpinang dilanjutkan dengan penanaman pohon oleh seluruh undangan dan anggota Lanudal Tanjungpinang.

Komandan Lanudal Tanjungpinang, Kolonel Laut (P) Rivai, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut serta hadir mendukung kegiatan bulan Bakti Penerbangan TNI AL ke-66,“Menanam pohon sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Apalagi bila dikaitkan dengan  permasalahan pemanasan global (global warming) yang begitu  mengkhawatirkan. Maka menanam pohon menjadi langkah yang harus dilakukan karena pohon dapat mengurangi dampak pemanasan global, dengan kemampuan pohon dalam menyerap emisi karbon yang merupakan penyebab terjadinya pemanasan global tersebut,” terang Danlanudal.

Danlanudal juga mengimbau kepada semua pihak untuk,“Tidak hanya sekedar menanam pohon. Namun juga memiliki rasa tanggung jawab untuk merawatnya agar kita dapat merasakan manfaatnya,” imbuhnya.

Acara penanaman pohon tersebut turut dihadiri Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Ketua DPRD kota Tanjungpinang, unsur Forkopimda Kota Tanjungpinang, Kadis PU Kota TPI, Kadispora, Kepala Dinas Kehutanan Tanjungpinang, Ketua HiKAPATA kota Tanjungpinang, Ketua IPSI Provinsi, Tokoh masyarakat Setempat, Ketua dan pengurus Jalasenastri cabang 4 dan 5 Pg puspenerbal, dan pejabat daerah kota Tanjungpinang lainnya. (Rd/Pen)