oleh

World Cleanup Day Kembali Menginisiasi Aksi Bersih-Bersih di Kota Tanjungpinang

Tanjungpinang (KEPRI)-Aksi bersih-bersih sedunia yang diinisiasi oleh World Cleanup Day (WCD) setiap tahunnya kembali diselenggarakan tahun ini. Berlokasi di Tugu Sirih Tepi Laut Tanjungpinang sebagai titik puncak provinsi Kepulauan Riau dihadiri lebih dari 500 orang relawan dari berbagai lembaga dan komunitas di Tanjungpinang dan Bintan, Sabtu (17/9/2022).

Hari ini kita bergerak aksi WCD ini serentak di 34 Provinsi dan 151 Negara lainnya di dunia. Kegiatan bersih-bersih serentak tahun ini dibuka langsung oleh Kepala DLH Kota Tanjungpinang Drs. Riono, M.Si dihadiri oleh DLHK Provinsi Kepri, POMAL Kota Tanjungpinang, Lantamal IV Tanjungpinang, Batalyon Marinir Hanlan IV Kepulauan Riau, Polres Kota Tanjungpinang didukung dan disponsori oleh Banyan Tree Bintan Resort, UMRAH, Aston Tanjungpinang, Hotel CK Tanjungpinang, PT. BRC serta ratusan relawan Generasi Baru Indonesia, Kepri Youth Organization, Purna Paskibraka Indonesia Kota Tanjungpinang yang dikoordinir oleh Karang Taruna Provinsi Kepulauan Riau, para mahasiswa dan lainnya. Menghasilkan lebih dari 5 ton sampah dalam luasan kurang lebih 530 KM,” ucap Co-Leader WCD Kepulauan Riau, Sadam kepada awak media.

Sadam juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang turut menyukseskan kegiatan WCD Kepri baik pemerintah, swasta dan akademisi. Harapan kami dari coreteam WCD Kepri dapat melakukan kegiatan yang lebih besar lagi di tahun depan.

Beliau berharap dengan banyaknya dukungan dari pihak kementerian mulai dari Kemenkomarves, Kemenko PMK, KLHK, Kemenpora dan Kemenag Gerakan WCD ini bisa lebih besar lagi apalagi ditambah dukungan pemerintah daerah.

Beliau juga mengakui, memang tahun ini kita belum maksimal bergerak dengan segala keterbatasan yang ada, untuk tahun ini di Kepri hanya bergerak di beberapa titik yaitu Kota Tanjungpinang, Kota Batam ada 6 titik, Kabupaten Lingga dan Kabupaten Bintan.

“Insyaallah tahun depan kita bisa gerakan 7 Kabupaten dan Kota yang ada di Kepri lagi seperti tahun 2018 dan 2019 lalu,” harapnya.

Sementara itu, Kepala DLH Kota Tanjungpinang, Drs. Riono, M.Si, menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat terus dilaksanakan dan didukung oleh semua pihak. Tentunya permasalahan sampah ini tanggungjawab kita bersama,” ucapnya.

Selain itu, Risdianto mewakili Lantamal IV Tanjungpinang juga turut menyatakan dukungan agar kegiatan ini dapat diteruskan dan menjadi contoh bagi kita semua untuk menjaga kebersihan lingkungan demi kenyamanan bersama,” ungkapnya. (Red)