oleh

Ini Kata Kapolresta Tanjungpinang Kombes Pol. H. Ompusunggu Saat Memimpin Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Seligi 2023

Kapolresta Tanjungpinang Kombes Pol. H. Ompusunggu, S.I.K., M.Si. (kanan) dan Pj. Walikota Tanjungpinang, Hasan, S.Sos. (kiri).

Tanjungpinang (KEPRI)-Kepolisian Resor Kota (Polresta) Tanjungpinang Polda Kepri melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2023 secara serentak seluruh jajaran Kepolisian Negara Republik Indonesia di Lapangan Pamedan Ahmad Yani Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Kamis (21/12/2023).

Kegiatan apel gelar operasi lilin ini dipimpin langsung oleh Kapolresta Tanjungpinang Kombes Pol. H. Ompusunggu, S.I.K., M.Si., dan didampingi oleh Pj. Walikota Tanjungpinang, Hasan, S.Sos.,Waka Polresta Tanjungpinang AKBP Arief Robby Rachman, SH., S.Ik., M.Si.,Dandim 0315 / Tanjungpinang Letkol Inf. Eka Ganta Candra, S.Ip., M.Ip., Anggota DPRD Kota Tanjungpinang Agus Djurianto., Danlanudal Tanjungpinang diwakili oleh Palaksa Letkol Laut (P) Sugiran., Danlanud RHF Tanjungpinang diwakili oleh Kadis Ops Mayor Riza Rahmat Febrianto., Danwing Udara I Tanjungpinang diwakili oleh Kasi Minpres Mayor Laut (P) Budi Satrio., Kajari Tanjungpinang diwakili oleh Kasubsi Prapenuntutan Sari Lubis., Komisioner KPU Tanjungpinang Ir. Andri Yudi., Kepala BPBD Kota Tanjungpinang M. Yamin, S.T., MM., Kadis Damkar dan Penyelamatan Kota Tanjungpinang Agustiawarman, S.Sos., MM.

Ada juga Kadishub Kota Tanjungpinang Boby WS, S.Stp., M.Si., Kasat Pol PP Kota Tanjungpinang Drs. Abdul Kadir Ibrahim, MT., Kasi KBPP KPLP Tanjungpinang Topan., Kepala Imigrasi Kota Tanjungpinang diwakili oleh Kasi Lantaskim Agnes Pramudya., Ketua Harian LAM Kota Tanjungpinang Wan Rafiwar., PJU Polresta Tanjungpinang serta Undangan dan Peserta Apel lebih kurang 360 orang.

Dalam kesempatan tersebut Kapolresta Tanjungpinang Kombes Pol. H. Ompusunggu, S.I.K., M.Si., dalam amanatnya mengucapkan, puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena kita masih diberikan kesehatan untuk menghadiri “Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2023″ secara serentak di seluruh wilayah Indonesia.

Apel Gelar Pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarpras yang akan digunakan selama pelaksanaan operasi, sehingga diharapkan seluruh kegiatan pengamanan perayaan Natal 2023 serta Tahun Baru 2024 (Nataru) dapat berjalan dengan optimal,” ucap orang nomor satu di Polresta Tanjungpinang ini.

Beliau juga menekankan bahwa pengamanan Nataru merupakan tugas rutin yang harus kita pastikan berjalan dengan aman, nyaman dan lancar, sebagaimana penekanan Bapak Presiden Joko Widodo bahwa, “Natal dan tahun baru ini rutinitas tetapi apapun tetap harus direncanakan, harus dipersiapkan, utamanya yang berkaitan dengan transportasi, pasokan dan distribusi bahan pokok,” ucapnya.

Hal tersebut penting karena momentum Nataru telah menjadi bagian tradisi masyarakat Indonesia yang berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat. Berdasarkan survei Kemenhub RI, potensi pergerakan masyarakat pada Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 diperkirakan mencapai 107,63 juta orang, meningkat sebesar 143.65% atau 63,46 juta orang dibandingkan tahun sebelumnya.

Selain itu, kata Kapolresta perayaan Nataru tahun ini juga bertepatan dengan masa kampanye Pemilu 2024 sehingga memiliki potensi kerawanan yang lebih tinggi.

Operasi Lilin 2023 melibatkan 129.923 personel dari TNI-Polri dan stakeholder lainnya, dengan penempatan pada 1.668 pos pengamanan, 670 pos pelayanan, dan 113 pos terpadu untuk menjamin keamanan 49.676 objek pengamanan.

Polri bersama stakeholder terkait menerbitkan kebijakan pembatasan operasional angkutan, rekayasa lalu lintas, dan pengendalian penyeberangan laut. SKB ini harus diimplementasikan secara tepat di lapangan.

“Kemudian untuk kelancaran transportasi umum, perlu diatur jadwal keberangkatan, dorong pembelian tiket online, dan pengaturan arus keluar masuk. Patroli jalan kaki juga dilakukan untuk mencegah kejahatan,” ungkapnya.

Terakhir Kapolresta menyampaikan dalam rangka mendukung kelancaran tugas pengamanan Operasi Lilin 2023, optimalkan fungsi command center yang dilengkapi berbagai fitur modern yang terintegrasi dengan CCTV di lapangan agar pengawasan dan pengambilan keputusan dapat dilakukan secara cepat dan tepat, serta seluruh personel di lapangan dapat bekerja secara terpadu. (HMS/red)

Reporter: Cr1
Editor: Herman