oleh

Raja Ariza Mengukuhkan Generasi Gurindam 12

 

Pejabat (Pj) Wali Kota Tanjungpinang, Raja Ariza saat wawancara dengan awak media.

Seputarkepri.co.id, TANJUNGPINANG – Pejabat (Pj) Wali Kota Tanjungpinang, Raja Ariza mengukuhkan Forum Anak Kota Tanjungpinang yang diselenggarakan dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Tanjungpinang, Jumat (23/3/2018) di Aula Hotel Sunrise City, Tanjungpinang.

Dalam sambutannya Penjabat (Pj) Wali kota Tanjungpinang Raja Ariza mengatakan mulai hari ini saya beri nama Generasi Gurindam 12 dan resmi dikukuhkan,” ucapnya.

“Forum Anak Kota Tanjungpinang ini memang harus dibentuk untuk menyuarakan hak anak-anak di segala bidang. Nantinya forum anak ini akan diberikan pelatihan atau pendidikan tentang organisasi dan kepemimpinan serta dibekali ilmu untuk menyusun program kerjanya yang bernama Generasi Gurindam 12 ini,” ujarnya.

Sesuai UU No. 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak menyebutkan bahwa setiap anak memiliki hak atas kelangsungan hidup, mengenyam pendidikan dan tumbuh kembang serta berhak atas perlindungan dari tindak kekerasan dan diskriminasi.

Ia menerangkan bahwa hak anak yang paling utama harus diberikan oleh negara atau pemerintah adalah identitas diri yang berupa Akte Kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA), yang harus diperjuangkan sebagai identitas diri anak tersebut.

Anak juga punya hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak, serta hak untuk mengembangkan diri. Maka dari itu pemerintah wajib menyiapkan sarana dan prasarana untuk bisa mengembangkan kreatifitas anak,” tambah Raja Ariza.

Lebih lanjut Ia menginginkan Generasi Gurindam 12 ini dapat memperhatikan dan mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi dan segera lakukan pembenahan atau tindak lanjut. “Silahkan nanti dibuat surat resmi kepada Pj.Wali Kota Tanjungpinang terkait apa saja yang perlu pemerintah bantu dan lakukan untuk kemajuan Forum Anak Kota Tanjungpinang ini,” tambahnya.

Dikesempatan yang sama Kepala DP3APM, H. Ahmad Yani menyampaikan laporannya bahwa forum anak ini merupakan suatu organisasi atau lembaga sosial yang digunakan sebagai wadah kreatifitas anak yang belum berusia 18 tahun, yang anggotanya merupakan perwakilan dari kelompok anak yang dikelola oleh anak-anak itu sendiri dan dibina serta pengawasan oleh pemerintah,” terangnya.

Ahmad Yani menjelaskan Pengurus Generasi Gurindam 12 ini merupakan anak-anak pilihan, anak-anak yang kreatif dan yang memiliki wawasan luas yang disatukan dalam kelompok atau wadah sehingga perlu dipersiapkan untuk kemajuan bangsa dan negara dimasa depan khususnya Kota Tanjungpinang,” jelasnya.

Peserta kegiatan ini berjumlah 100 orang yang terdiri dari pengurus Forum Anak Kota Tanjungpinang yang merupakan utusan dari siswa-siswi SMP dan SMA di Kota Tanjungpinang.

Pengukuhan ini dihadiri oleh Asisten 1, Ketua TP PKK Kota Tanjungpinang, Ketua KPAID Provinsi Kepulauan Riau dan perwakilan pelajar se-Kota Tanjungpinang. (Hm/Red)

Pewarta: Cr

Editor: Ringgo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed