oleh

MPR RI Bekerja Sama Dengan Disdik Kepri Dalam Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar

Kepala Seksi Kurikulum dan  Penilaian SMA Bidang Pembinaan Disdik Kepri, Dr. Juritno, M.Pd (Kanan)

Seputarkepri.co.id, TANJUNGPINANG, KEPRI – Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar MPR Tingkat SLTA Se-Provinsi Kepri 2018 MPR RI yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Kepri kembali menggelar Lomba Cerdas Cermat (LCC) Empat Pilar MPR tingkat SLTA tahun 2018. Pembukaan LCC Empat Pilar MPR berlangsung di Batam 14-17 Maret 2018.

Pembukaan dihadiri pejabat di lingkungan Setjen MPR, pejabat teras Dinas Pendidikan Provinsi, Kabupaten dan Kota, guru pendamping dari sekolah dan para peserta serta undangan.

Setiap provinsi diwakili sekolah yang menjadi pemenang LCC tingkat kabupaten dan kota.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri Arifin Nasir mengucapkan selamat datang kepada para siswa dan guru pendamping serta perwakilan Dinas Kabupaten dan Kota. “Hari ini saya harapkan menjadi malam yang berbahagia karena impian adik-adik terwujud sudah menjadi juara di tingkat kabupaten dan kota dan saat ini impiannya sampai di Jakarta,” katanya.

Menurut Arifin, LCC putaran final di Jakarta ini adalah momentum yang langka. Karena itu para siswa diharapkan dapat memanfaatkan waktu selama mengikuti LCC tingkat Provinsi ini. “Sebagai generasi muda inilah saatnya untuk belajar, menambah pengalaman yang selama ini hanya diperoleh di sekolah-sekolah,” kata dia.

Selama mengikuti final LCC Empat Pilar, lanjut dia, para siswa bisa memahami lembaga MPR. “Inilah gedung MPR. Di sinilah negara memperbaiki dirinya, memperbaiki sistem tata negara. Manfaatkan gedung MPR untuk proses pembelajaran,” ujarnya.

Arifin menambahkan para siswa tidak hanya berlomba, datang untuk mencari juara dalam final LCC ini, tapi mempererat persahabatan, membangun pemahaman terhadap segala perbedaan. “Para siswa yang berasal dari kabupaten dan kota yang berbeda-beda latar belakang budaya, disinilah tempatnya untuk bersatu padu, bertoleransi dan bekerjasama,” papar Arifin.

Selain itu LCC ini juga menjadi tempat untuk memperkaya wawasan dan ilmu tentang konstitusi dan tata negara. “LCC Empat Pilar ini menjadi ajang pembelajaran,” imbuhnya.

Dr. Juritno, M.Pd, Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian SMA Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan Provinsi Kepri mengatakan Lomba Cerdas Cermat (LCC) 4 Pilar MPR merupakan metode sosialisasi yang dilakukan oleh MPR sebagai implementasi tugas MPR yang terdapat dalam ketentuan Undang-Undang Nomor 42 Tahun 2014 khususnya Pasal 5 huruf a dan b yang menyebutkan bahwa MPR memiliki tugas untuk memasyarakatkan ketetapan MPR, Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhineka Tunggal Ika.

Menurut Juritno, kegiatan LCC Empat Pilar MPR merupakan salah satu metode yang sangat efektif bagi generasi muda, khususnya kalangan pelajar untuk mensosialisasikan empat pilar MPR RI. Dia beralasan hal itu dapat memacu motivasi siswa untuk mendalami nilai-nilai dasar kehidupan berbangsa dan bernegara serta mengimplementasikan nilai-nilai luhur tersebut dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Dimulai dari hal-hal kecil, Juritno menambahkan, seperti menjaga kerukunan dikalangan teman, saling tolong  menolong, menghargai perbedaan pendapat diantara sesama, itulah salahsatu esensi tujuan kegiatan sosialiasi empat pilar ini.

”Kami berharap bahwa kegiatan Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar MPR RI akan melahirkan generasi-generasi muda yang paham dan melaksanakan nilai-nilai luhur bangsanya. Serta memperkuat ikatan kebangsaan generasi muda di Indonesia,” katanya.

Melalui kegiatan ini diharapkan LCC 4 Pilar MPR Tahun 2018 Tingkat Provinsi Kepri dapat berjalan dengan lancar dengan menjunjung nilai sportifitas dan dihasilkan tim SLTA dan SMK terbaik di tingkat Provinsi untuk dapat mewakili Provinsi Kepri di tingkat nasional.

Pewarta: Rizal R.S

Editor: 7ringgo

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed