oleh

AS Berkomitmen Tingkatkan Hubungan Dagang dan Investasi Di Kepri

Gubernur Kepri, H. Nurdin Basirun (Kanan) bersama Dubes Amerika Serikat Untuk Indonesia, Joseph R Donovan Jr (Kiri)

Seputarkepri.co.id, TANJUNGPINANG, KEPRI – Pemerintah Amerika Sarikat menyatakan komitmennya untuk meningkatkan hubungan perdagangan dan investasi di Indonesia. Kepri, menawarkan dan meminta agar investor AS memperbanyak investasi di Kepri, baik di Batam, Bintan, Karimun, Natuna atau Anambas.

Demikian hasil perbincangan Gubernur Kepri H Nurdin Basirun dan Duta Besar Amerika Sarikat untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr di Graha Kepri, Senin (9/7). Pertemuan lebih banyak membincangkan peluang-peluang investasi di wilayah Kepri.

Gubernur Kepri, H. Nurdin Basirun mengatakan, investasi AS di Kepri belum terlalu banyak. Kepada Dubes Joseph, Nurdin menawarkan investasi di berbagai bidang, seperti perusahaan teknologi, informasi, turisme, dan banyak lagi. Sektor perikanan mendapat porsi lebih dalam perbincangan tersebut.

Menurut Nurdin, soal keamanan, kepastian hukum dan sumber daya manusia Kepri punya. Banyak perusahaan, termasuk dari AS yang menggunakan SDM lokal.

Nurdin menjelaskan, luas Kepri 96 persennya terdiri dari lautan. Perikanan tangkap dilakukan banyak nelayan. Tapi untuk budidaya, kondisi perairan Kepri sangat mendukung. Nurdin yakin pengusahaan AS bisa berinvestasi untuk itu. Malah bisa memasok untuk AS juga.

Gubernur juga menawarkan Dubes Joseph untuk berkunjung ke Pulau Bintan, dan Tanjungpinang, Ibu Kota Kepri. Di Bintan banyak lokasi yang bagus untuk pariwisata. Ada juga kawasan ekonomi khusus. Nurdin yakin, pas melihat Bintan, akan banyak muncul ide baru dan bisa disampaikan ke perusahaan perusahaan Amerika.

Soal investasi yang belum banyak, Joseph mengatakan akan menyampaikannya ke perusahaan-perusahaan AS. Karena dia tahu banyak perusahaan yang tertarik meningkatkan bisnis di Indonesia. Termasuk Kepri.

Dubes Joseph pun mengakui hal itu. Joseph mengatakan baru bertemu dengan sejumlah perusahaan AS di Batam dan mereka menyampaikan hal yang sama seperti yang dikatakan Nurdin.

Dalam perbincangan itu, Joseph mengatakan, salah satu produk yang penting adalah seafood. Amerika sangat tertarik, apalagi ketersediaan yang berkelanjutan terjamin. Malah Joseph menanyakan soal budidaya perikanan di kawasan ini.

Joseph melihat investasi untuk industri perfilman menunjukkan perkembangan yang baik. Dianyakin industri ini akan tumbuh di Kepri. Apalagi sebelumnya dia sempat beekunjung ke Infinite Studio, di Nongsa Batam.

Ini merupakan kunjungan perdana Dubes AS ke Kepri. Dia mengaku sangat tertarik dengan provinsi ini. Tertarik mempelajari Kepri. Terlebih untuk scuba dive.

Saat ini, memang sedang dilakukan pertukaran antar masyarakat. Joseph juga sudah menemui sejumlah warga Kepri yang pernah mengikuti pertukaran itu. Mereka merupakan duta yang akan meningkatkan hubungan kedua negara.

“Kunjungan selanjutnya saya akan ke Bintan,” kata Dubes Joseph.

Joseph mengaku senang bahwa kali ini pihaknya bisa menyelenggarakan Independent Day Celebretion di Batam. Ini adalah untuk pertama kalinya resepsi kemerdekaan tersebut digelar di Batam. Dengan acara seperti ini, kata Joseph, akan menarik banyak investasi ke Batam.

“Terima kasih dibuat acara di Kepri. Mudah-mudahan acara ini semakin mendekatkan pengusaha AS dengan Kepri, sehingga mereka semakin tertarik untuk investasi di sini,” kata Nurdin. (humaskepri)

Pewarta: Krisna

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed