oleh

TMMD Ke-103 Membangun Sarana Fisik dan SDM

Danrem 033/Wira Pratama, Brigjen TNI Gabriel Lema, S.Sos (kanan), Bupati Bintan, H. Apri Sujadi (tengah), Danlantamal IV Tanjungpinang, Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno (kiri) meninjau lokasi TMMD di Bintan

SEPUTARKEPRI.CO.ID, Pengudang, Bintan-Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) itu secara umum dalam UU TNI diartikan sebagai membantu tugas pemerintahan di daerah, yakni bagian dari komitmen TNI Angkatan Darat untuk ikut membangun bangsa dan negara bersama komponen bangsa lainnya (dalam hal ini TNI bekerja sama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi bersama seluruh jajarannya) secara sinergi dan berkesinambungan. Program ini berupa akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan, khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terisolasi, perbatasan, dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena dampak akibat bencana.

TMMD bukanlah semata membangun sarana fisik bagi masyarakat, tapi juga membangun sumber daya manusia, mental dan semangat masyarakat. Hal tersebut dikatakan Bupati Bintan H. Apri Sujadi, S.Sos menjelang pelaksanaan Pembukaan TMMD Ke-103 Tahun 2018 di Desa Pengudang, besok Senin (15/10),” kata Bupati, Minggu (14/10) siang.

Dirinya juga menuturkan bahwa TMMD yang dilaksanakan besok merupakan operasi bhakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral bersama pemerintah daerah dan komponen masyarakat sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan pembangunan di daerah. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, wawasan kebangsaan, kesadaran bela negara, kepatuhan hukum pola hidup sehat dan gotong royong, sehingga terciptanya stabilitas keamanan dan situasi yang kondusif dan ketahanan dalam mencegah ancaman dan gangguan  terwujudnya ketahanan nasional,” tutur Bupati.

Selain itu, TMMD Ke-103 beberapa hari kedepannya dilaksanakan mulai tanggal 15 Oktober 2018 s.d 13 November 2018, di mana kegiatan tersebut sudah diawali dengan kegiatan Pra TMMD di mana kegiatan tersebut mampu mempererat hubungan antara TNI dan masyarakat.

Bupati mengucapkan terima kasih, kepada personil TNI, terkhusus Personil KOREM 033/Wira Pratama dan KODIM 0315/Bintan, pelaksaaan TMMD Ke-103 di Desa Pengudang telah banyak kegiatan baik fisik maupun non fisik.  TNI telah membuka jalan baru sepanjang 4 Km di kawasan Desa Pengudang namun para personil TNI juga kita ketahui terlibat menginap langsung di rumah masyarakat yang ada di wilayah pelaksanaan TMMD, khususnya di Desa Pengudang,” ucap Bupati.

Kasrem 033/Wira Pratama dalam kegiatan bela Negara kepada 36 Komisioner BAWASLU Se-Kepri (foto beberapa hari yang lalu di Makorem 033/Wira Pratama)

Adapun selain kegiatan fisik pembukaan  jalan sepanjang 4 Km, kegiatan TMMD ke-103 juga dilaksanakan kegiatan non fisiknya dalam bentuk pengobatan massal, dan pemeriksaan katarak gratis yang bekerja sama dengan Smeco serta kegiatan penyuluhan bela negara, penyuluhan agama, penyuluhan pertanian, penyuluhan perikanan dan lain sebagainya.

7ringgo

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed