oleh

Rumah Sakit Umum Daerah Palmatak Kabupaten Anambas Lulus Akreditasi Tingkat Perdana

Anambas (KEPRI)-Rumah Sakit Lapangan(RSL) di Jalan Datok Lamin nomor 03 Desa Payalaman Kecamatan Palmatak Kabupaten Kepulauan Anambas adalah rumah sakit satu-satunya yang lulus Akreditasi.

Rumah sakit ini juga telah berubah nama yang sebelumnya Rumah Sakit Lapangan (RSL) menjadi UPT Rumah Sakit Umum Daerah Palmatak.

Direktur UPT Rumah Sakit Umum Palmatak, Dr. Saipul Islam menjelaskan setiap Kabupaten se-Indonesia minimal harus memiliki satu rumah sakit yang sudah terakreditasi, nah di Kabupaten Kepulauan Anambas adalah UPT Rumah Sakit Umum Daerah Palmatak inilah salah satu rumah sakit yang pertama lulus melakukan peroses itu” ucap Dr Saipul Islam saat di temui di ruang kerjanya oleh awak media www.seputarkepri.co.id Selasa 22/01/2019 kemarin.

Diungkapknanya, melalui tahapan yang panjang, kemudian melewati proses bimbingan melalui Tim yang datang seperti  Komisi Akreditasi Rumah Sakit(KARS) Indonesia dan Tim Surveior Akreditasi, tim ini berkerja meneliti kelayakan rumah sakit mulai dari gedung, ruangan, alat kesehatan hingga administrasi yang mendukung untuk akreditasi tersebut, akhirnya akreditasi lolos dan pada tanggal 31 Desember 2018.  Alhamdulillah sudah disahkan oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit melalui ketua esekutif  Dr. dr. Sutoto, M.Kes di Jakarta, masa berlaku sampai dengan 18 Desember 2021 tingkat akreditasi perdana bintang satu.

Tahap ini adalah penilaian tahap pertama dari awal 2018 di 2019, juga akan menunggu tahap kedua di 2020 dan tahap ke tiga di 2021 kita akan melakukan verifikasi ulang, memang peroses akreditas ini bersifat berkesinambungan, istilahnya proses berkelanjutan, mereka akan pantau terus menerus sistem yang sudah berjalan.

Yang saya kuwatirkan adapun akreditasi ini menyangkut ke pelayan BPJS, apabila rumah sakit belum melakukan akreditasi maka pihak BPJS akan stop untuk melayani masyarakat mengunakan kartu tersebut. Akreditasi itu adalah bagaimana rumah sakit itu untuk di nilai dan dipastikan memiliki sistem yang sudah diakui di tingkat nasional,” ungkapnya.

Harapan saya dengan adanya kesempatan ini maka langkah kita untuk menuju ke tingkat lebih baik punya peluang agar di paripurnakan dan seperti rumah sakit lainnya yang sudah di akui di tingkat nasional se-Indonesia.

Editor: Kadeni Rajak

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed