oleh

Bupati Anambas Ajak Masyarakat Mengembangbiakkan Rumput Laut

Bupati Anambas, Abdul Haris (tengah) dan Wakil Bupati Anambas, Wan Zuhendra (kanan pakai topi koboi) bersama masyarakat yang akan mengembangbiakkan bibit rumput laut

Siantan Timur, Anambas (KEPRI)-Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas Kembali Launching Penanaman Bibit Rumput Laut.

Launching rumput Laut itu terselenggara melalui Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (PPP) di Dusun 01 Selambak, Desa Temburun, Kecamatan Siantan Timur, Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau, Minggu (23/6) kemarin.

Kegiatan penanaman dan penyerahan bibit rumput laut itu, nampak hadir Bupati Abdul Haris dan Wakil Bupati Kepulauan Anambas Wan Zuhendra, Sekda Anambas Sahtiar, Mewakili Lanal Tarempa, Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (PPP) Effi Sjuhairi, S.Sos. Diskominfo Jefrizal, Kasatpol PPP, tokoh masyarakat Desa Temburun.

Bupati Anambas, Abdul Haris

Kegiatan tersebut dibuka Bupati Anambas, Abdul Haris, SH dan untuk melaksanakan penanaman bibit ruput laut secara simbolis diserahkan kepada masyarakat.

Bupati menyampaikan Kami dari Pemerintah Daerah memberikan bantuan bibit rumput laut kepada masyarakat Desa Temburun Duasun 01 Selambak Dan desa Batubelah dan Desa Serat sebagai bentuk usaha pengembangan usaha kecil masyarakat yang berada di Wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas. Dan kami mengajak masyarakat untuk dapat terus mengembangbiakan rumput laut tersebut, walau diketahui beberapa kendala yang mungkin bisa saja terjadi paparnya.

Walaupun ada kendala dalam pengembangbiakan rumput laut, antara lain apabila gelombang barat datang maka akan berdampak pada menurunnya kualitas rumput laut, musim kemarau akan menyebabkan rumput laut mudah terserang penyakit, serta ganguan  ikan-ikan yang memakan rumput tersebut.

Bupati saat membibitkan rumput laut

Bupati berharap dengan adanya bantuan bibit ini dapat mengembangkan perekonomian masyarakat khususnya perekonomian masyarakat di wilayah Kabupaten Anambas.

Saat bersamaan Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kepulauan Anambas, Effi Sjuhairi, S.Sos, mengakui memang target kita sebanyak 60 hektar lahan dan sebanyak 60 Kepala Keluarga (KK) yang akan menjadi petani rumput laut ini untuk tahap awal, insyallah dengan langkah awal ini kita akan liat prospek kedepan, mudah berjalan dengan baik, akan berkembang sehingga menjadi minat masyarakat itu harapan kami, imbuhnya.

Pewarta: Rohadi (cr)
Editor: Kadeni Razak

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed