oleh

Gubernur Kepri Sebut Nelayan Harus Dibantu

Gubernur Kepri, H Nurdin Basirun (tiga dari kiri pakai peci) saat meninjau kantor UPTD di Pring, Ranai, Kabupaten Natuna

Tanjungpinang (KEPRI)-Gubernur Kepri, H Nurdin Basirun senang dengan semakin membaiknya harga-harga hasil perikanan. Bahkan, yang dahulunya dihargai sepuluh ribu sekilo, sekarang meningkat hingga lima kali lipat. Karena itu, para nelayan harus dibantu agar mereka melaut dengan aman dan nyaman.

“Bantu mereka biar mudah melaut. Bantu surat-suratnya. Carikan solusi jika mereka menemui kendala,” kata Nurdin saat meninjau kantor UPTD Perikanan di Pring, Ranai Natuna, saat berkunjung beberapa hari yang lalu.

Nurdin kembali meninjau kawasan nelayan ini setelah tahun 2017 lalu sempat ke Pring. Saat itu Nurdin bertemu sejumlah nelayan yang minta pembangunan sejumlah fasilitas. Fasilitas itu dibangun agar aktivitas mereka melaut semakin lancar.

Di antara yang sudah selesai adalah jalannya. Juga beberapa fasilitas lain. Bahkan Kantor UPTD Perikanan Provinsi Kepri pun dibangun di kawasan ini.

Kawan kantor yang dekat dengan nelayan, kata Nurdin, harus semakin memudahkan aktivitas mereka saat mencari rezeki. Terus lakukan pembinaan. Juga arahan-arahan yang meningkatkan penghasilan.

“Kalau sudah dekat begini, tiap hari ditengok, akan muncul ide-ide pengembangan untuk nelayan,” kata Nurdin yang dalam kunjungan itu didampingi Sekdaprov H TS Arif Fadillah.

Beberapa nelayan pada kesempatan itu memang minta tambahan fasilitas. Diantaranya adalah pabrik es mini dan cold storage.

Keberadaan cold storage ditempat-tempat tertentu di Natuna membuat beberapa hasil perikanan meningkat tajam. Gurita, misalnya, jika dulubhanya Rp10.000 perkilo, saat ini bisa mencapai Rp50.000. Kehadirannya pun pada musim tertentu.

“Karena ada yang beli. Ada cold storage ada tol laut. Masyarakat ingin lancar aja,” kata seorang nelayan kepada Nurdin pada pertemuan di tengah panas tersebut.

Nurdin melihat hal tersebut sebagai prospek yang bagus. Apalagi pasar semakin jelas. Apalagi profuk yang dibawa menggunakan tol laut kualitasnya tak menurun karena ada pendingin untuk kapasitas besar. (* )

Editor: 7ringgo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed