oleh

Menteri Susi Pudjiastuti Minta Bupati Anambas Segera Membuat Perda Kapal Angkut Hasil Nelayan Daerah

Menteri Kelauatan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti (tengah kerumunan nelayan batik biru), Bupati Abdul Haris dan bersama Forkopinda Anambas beserta ratusan nelayan tangkap ikan. (F-kdn)

Anambas (KEPRI)-Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti mengajak nelayan Anambas untuk menjaga kelestarian laut yang menjadi masa depan bangsa Indonesia.

Pemerintah, saat ini melalui sejumlah peraturan ingin membantu masyarakat untuk menjaga lautnya, agar populasi ikan bertambah banyak seperti di¬† Kabupaten Kepulauan Anambas ini. “Saya imbau bapak-bapak nelayan menangkap ikan dengan alat tangkap yang ramah lingkungan dan jangan mengambil benih ikan.

Menteri Susi berpesan, “jangan menggunakan putasium, bom dan bagi nelayan tangakap diatas 30 GT harus empat mil dari bibir pantai jika ada yang melangar dan ada yang mem beck-up kita akan mengambil sikap tegas,” ucap Susi dihadapan ratusan nelayan tangkap ikan di Desa Antang, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau, Rabu (17/7).

Susi juga menegaskan untuk kapal penangkap ikan yang melanggar silakan laporkan langsung ke saya biar dinon aktifkan izin operasinya. Karena apa, agar benih ikan tersebut terus tumbuh besar dan menjadi ikan yang bisa ditangkap.

Selain menyampaikan pesan menjaga laut, Susi menyampaikan tentang kemudahan berlayar bagi nelayan yang memiliki kapal dengan ukuran kurang dari 10 GT karena tidak perlu Surat Laik Operasi (SLO) untuk melaut.

Susi meminta ke Bupati Anambas Abdul Haris agar segera membuat peraturan daerah (perda) otonomi daerah tentang kapal angkut ikan hasil penangkapan nelayan daerah dengan adanya perda maka persoalan daerah bisa diselesaikan juga untuk memudahkan kinerja daerah.

Di tempat yang sama, Bupati Anambas Abdul Haris yang langsung membuka acara pertemuan tersebut, mengatakan berterima kasih kepada ibu menteri karena telah sudi datang ke Kabupaten Kepulauan Anambas.

Sekarang sudah hadir didepan kita menteri perikanan dan keluatan RI yaitu ibu Susi Pudjiastuti yang telah lama kita nantikan kurang lebih 4 tahun lamanya, baru sekarang terlaksana ditahun 2019 ini,” ucap Bupati.

Bupati berharap, semoga kedatangan ibu Menteri Susi Pusjiastuti ini terus menurus membuka akses komunikasi yang baik dan bukan hanya sekali ini saja bahkan terus menurus datang ke Kabupaten Kepulauan Anambas.

Dengan kehadiran beliau terkhususnya para nelayan, apa yang menjadi keluhan bisa kita tanyakan langsung dan semoga pertemuan hari ini bermanfaat,” tutupnya.

Editor: Kadeni Razak

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed