oleh

Kanwil DJBC Khusus Kepri Ajak Pasis SESKOAU Mengelilingi Perairan Batam

Batam (KEPRI)-Kepala Kanwil DJBC Khusus Kepri yang diwakili Kepala Bidang Penindakan dan Sarana Operasi, Agustyan Umardani hadir dalam pendampingan kunjungan lapangan SESKO AU Tahun 2020 di Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Kamis (12/3) kemarin.

Kunjungan Pasis SESKOAU di Kota Batam dihadiri dari para tenaga pendidik dan siswa, juga dihadiri oleh perwakilan dari beberapa Instansi yang ada di Batam yakni Pemerintah Kota Batam, Guskamla, Lanud AU Hang Nadim, Polda Kepri, Kodim Batam, KKP, Bea Cukai dan Bakamla.

Acara dimulai sekira pukul 08.00 Wib dibuka dengan sambutan Wali Kota Batam, H.M Rudi yang kemudian dilanjutkan pemaparan materi dari SESKOAU, Guskamla, LANUD AU Hang Nadim dan Kanwil DJBC khusus Kepri.

Setelah pemaparan dilanjutkan sesi tanya-jawab lalu ditutup dengan pertukaran Cinderamata.

Kemudian, Kanwil DJBC Khusus Kepri mengajak rombongan Pasis SESKOAU menuju Dermaga Batu Ampar untuk melakukan safari pengawasan laut menggunakan Sarana Kapal TNI AL, Kapal KKP dan Kapal Bea Cukai (BC 20008 dan BC 7005).

Dalam perjalanan para perwira kapal memberikan gambaran tentang teknis pengawasan laut yang dilakukan Kanwil DJBC Khusus Kepri menggunakan Kapal Patroli, Pasis diajak mengelilingi perairan di sekitar utara pulau Batam.

Dalam pemaparan yang disampaikan oleh Kepala Bidang Penindakan dan Sarana Operasi Kanwil DJBC Khusus Kepri, Agustyan Umardani, menjelaskan kepada para Calon Pemimpin TNI AU tentang bagaimana peran serta DJBC dalam melaksanakan pengawasan laut di Indonesia seperti tentang dasar kewenangan, tujuan secara umum dan pencapaian yang telah dilakukan DJBC (kanwilsus Kepri) untuk menanggulangi tindak pidana penyelundupan.

Memberi gambaran teknis bagaimana petugas Kapal Patroli Bea dan Cukai eksis untuk selalu senantiasa melaksanakan kewajiban dalam mengawasi dan melakukan pencegahan terhadap segala bentuk kejahatan penyelundupan di jalur laut sebagaimana yang telah diamanatkan oleh Undang-undang.

Kegiatan Safari juga untuk memperkuat tali silahturahmi dengan TNI khususnya dalam hal ini adalah matra Angkatan Udara, bagaimana kedepan tidak menutup kemungkinan kegiatan sinergi antar Instansi akan semakin digiatkan baik itu di sektor operasi, sarana-prasara maupun pengembangan SDM.

Setelah itu kapal kembali menuju Dermaga Batu Ampar pada pukul 16.30 WIB dan rombongan Pasis SESKOAU kembali melanjutkan perjalanan untuk kegiatan selanjutnya.

Humas DJBC Kepri
Editor: 7ringgo

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed